Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Menang Undangan The Marketeers Conference 2012

Jakarta. Kamis (15/12) pagi, masih dingin dan tampak asri. Suasana mulai ramai sepanjang jalan. Ini adalah ketiga kalinya gue berada di Jakarta. Kali ini gue datang atas nama pribadi sebagai pemenang tulisan dengan hadiah sebuah undangan, bila dikisar sekitar 1 juta, dari markplus.inc. 

Nggak tanggung-tanggung, tempat acaranya pun sangat megah yaitu Hotel Ritz - Carlton. Dan juga, nggak bisa membayangkan orang yang datang itu sekitar 5 ribu tamu undangan dengan gaya profesional eksekutif pengusaha. 

Ya, inilah acara para pengusaha di Indonesia yang pertama kali gue ikutin. Nampak kecil gue disana, tapi nilai kebanggaannya sangat besar sekali.

Dengan pakaian rapi, sedikit memasukkan fashion eksekutif muda, pantofel dan kemeja lengan pendek berwarna hitam, gue mulai menyusuri bangunan yang begitu tinggi ini. 

Sempat bertegur sapa dengan beberapa orang dari awak media Jawa Pos. Pikiran gue masih terkesima untuk cepat-cepat masuk kedalam ruangan. 

Pasti pernah kalian mendengar bahwa hotel ini pernah diguncang Bom dulunya, alhasil ketika melangkah kedalam bangunan ini, penjagaan super ketat sudah menanti gue kala itu.

Menjadi bagian dari acara yang berskala besar tentu nilai kebanggaannya luar biasa. Saat pintu lift mulai terbuka, arah mata gue mulai menelanjangin ruangan ini. Pikiran gue satu waktu itu, mana nih panitia yang memenangkan tulisan gue agar menang mendapatkan undangan. 

Beberapa orang berpakaian hijau terlihat lalu lalang menyiapkan acara. Ternyata mereka ini adalah panitia. Lebih dari 30 orang rasanya yang lalu lalang dibeberapa stage. Mereka tidak saja menyiapkan acara, tapi juga menyiapkan stan-stan yang akan didatangin para peserta nantinya.

Panitia akhirnya datang juga memberikan tiket yang telah dijanjikannya. Setelah berbincang sedikit, ternyata acara dimulai pukul 9 pagi. Waduh, pikirku. Tapi tak apa. Beberapa stan juga sudah ada yang buka. Bila diandaikan ini mirip acara ON|OFF kemaren. Bedannya ini lebih banyak dan lebih besar tentunya.

Jam ditangan masih terlalu dini untuk segera memasuki ruangan. Akhirnya langkah kaki gue melangkah ke stan Speedy. Dimana ada promo terbaru dari program mereka yaitu  groovia tv. Program ini adalah cara baru menyaksikan tv menggunakan internet dan baru ada di Jakarta, belum ke kota-kota lainnya. Untuk yang satu ini ntar deh gue ulas :)

Sambil menunggu dimulainya acara, gue sempat kenalan dengan orang Indosat. Orangnya tinggi besar dan baik sekali. Ternyata beliau ini asli dari SOLO, kota yang barusan mencanangkan cyber day. 

Nggak ingin ilang kesempatan, akhirnya gue rela mengikutinya sambil bercerita bagaimana kota Semarang saat ini yang begitu indah. Serta komunitas blogger detik di Semarang. 

Berjalan pelan sambil sesekali melihat stan-stan yang tadi masih terus disiapin akhinrya selesai juga. Akhirnya orang-orang mulai berdatangann dan berkumpul dengan teman atau kerabatnya yang ia kenal. Alhamdulillah, dapat kartu nama beliau. :)

Acara pun dimulai dengan ketakjuban gue dari dalam hati. Wow, besar sekali cuy ruangannya. Ruangan ini bisa menampung 5 ribu orang kata panitia. Setelah menemukan tempat duduk, gue mulai pasan aksi dengan kamera ditangan dan pulpen di kalungkan di badan. 

Mata gue memandang ke ruangan yang sangat besar ini. Sepertinya gue sendiri yang paling jelek style-nya. Lihat aja orang-orang yang berjas, pakai batik, dan lainnya. Para perempuan yang begitu cantik dan begitu anggun-anggun membuat jidatku berkerut. 

Ini sarang macan yah. Haha...Nggak ada alasan untuk minder, bagaimanapun ini adalah mukjizat yang gue dapatkan dari menulis. Patut di syukurin tentunya. Acaranya pun dimulai. 

Pertama-tama seluruh peserta yang hadir diberikan arahan tentang safety ruangan dari salah satu pihak hotel. Sangat profesional tentunya. Baru kali ini ada acara yang gue ikutin ada adegan pengamanan seperti ini.

Penghargaan

Acara ini tidak lebih dari seperti tema workhsop kebanyakan dengan berjejernya banyak kursi yang sangat banyak berwarna merah untuk VIP dan putih untuk undangan biasa. 

Ada yang suprise di acara seperti ini. Beberapa pemuda yang berjejer dengan batik yang dikenakan dan satu orang yang membawa bendera merah putih mulai memasuki ruangan. 

Di selingin musik perkusi yang dimainkan 4-5 orang yang membawa alat-alat musik yang tidak biasanya. Mereka menggunakan tutup panci dan lainnya. Lagu Indonesia Raya pun menggema seisi ruangan. Para peserta yang hadir disuruh berdiri.

Bila tadi gue pikir ini udah bediri dengan para pengusaha yang hadir, dan mereka orang-orang hebat semua, ternyata masih ada lagi yang lebih hebat disana. 

Ada menteri BUMN yang baru, pak Dahlan Iskan, yang kebenaran menjadi kepala dewan juri untuk pemilihan penganugerahan nantinya, ada pula pak Hermawan selalu bos dari markplus.inc, pak Mahfudz Md, penguasaha hebat lainnya dan beberapa rekan tetangga yang berasal dari luar.

Acara seperti ini rupanya sudah menjadi agenda tahunan dan telah memasuki tahun ke 6. Beberapa nama para pengusaha dipanggil kedepan untuk mendapatkan penghargaan dari markplus. 

Tepuk tangan begitu membahana seluruh sudut-sudut. Namun, yang paling ditunggu - tunggu tentunya siapa calon Marketeers 2012 ini yang siap dibacakan pak Dahlan yang saat itu menggunakan pakaian kemeja putih kebiru-biruan tanpa jas.

Dan, pak Johannes Loman (Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM)) - dengan brandnya HONDA menjadi orang yang beruntung hari itu. Dedikasinya dalam mengembangkan produk Honda patut diacungi jempol, kata pak Dahlan. 

Ya, dengan sepeda motor, sarana transportasi ini menjadi terhebat dikelasnya yang dapat mengangkat derajat orang bawah hingga menengah. Dengan menggunakan sepeda motor mobilitas lebih baik daripada orang atas atau menengah. 

Selain faktor itu, tagline ONE Heart tentu menjadi sesuatu banget yang bisa diterima konsumen yang kebanyakan lagi trend saat ini adalah wanita dan anak-anak muda.

Makan siang antri panjang

Setelah acara penyerahan anugerah tersebut, Panitia memberikan pengarahan kepada peserta yang hadir untuk melihat pameran di booth-booth yang udah disediakan diluar ruangan. 

Penuh sesak yang tadi paginya masih bisa melihat seluruh ruangan kali ini hanya terlihat tubuh orang-oranya yang ada didepan gue. Nah, yang unik lagi saat makan siang. 

Pernah liat antrian makan hingga memanjang. Disini nih yang bisa begitu. Bayangkan ruangan yang besar itu tetap mengharuskan orang-orang yang mau makan pada antri. Padahal ada tiga lokasi yang disediakan tempat makan.

Apa yang didapatkan dari acara ini?

Tentunya untuk menjadi orang besar, kita harus banyak berkumpul dengan orang-orang besar juga. Disana gue bisa bertemu langsung dari dekat bagaimana sosok orang-orang hebat seperti pak Dahlan Iskan yang sangat sederhana namun sangat berwibawa. 

Ada pak Mahfudz MD yang sering nongol di televisi mengenai hukum pemerintahan. Disana juga disebutkan bahwa negara kita untuk pertama kalinya selama merdeka baru kali ini bisa mengalahkan perekonomian Belanda yang pernah menjajah bangsa kita selama 350 tahun.

Dan juga market kita, mengalahkan Singgapura. Prediksi di tahun depan, invesmen grid akan memasuki Indonesia *dikatakan pak Dahlan. Jadi, Sebaiknya masyarakat ekonomi di Indonesia tidak perlu risau dengan masalah politik yang ada di Indonesia. 

Lebih baik bekerja dan bekerja membangun bangsa ini terus maju. Indonesia adalah negara HOKI. Yah seperti gue ini yang hoki mendapatkan tiket dengan mengikuti lomba menulis.

Masih banyak hal menarik dan info-info segar yang gue dapatkan disana. Semoga gue bisa share untuk teman-teman mengingat kondisi tubuh gue yang belum istirahat. 

Oh ya, sebagai catatan, gue menang lomba menulis hanya mendapatkan tiket. Untuk seluruh akomodasi, gue sendiri yang nanggung. Panitia ternyata kurang begitu antusias dengan pemenang yang berasal dari jauh. Why Not, Iam Blonek. Berani dulu baru niat.

*Harapan gue bisa ikut ini, bisa menerapkan dan menggabungkan antara entrepreneaur dan blogger menjadi blogpreneur. Keren kan. 

Menjadi blogpreneur bukan saja harus bisa menghidupi blognya sendiri, tapi harus memiliki mental berani, percaya diri dan pengetahuan luas agar bisa berbagi dengan blogger-blogger yang masih baru dan belum terjamah. 

Salam blogger 

...

Update! Halaman ini saya perbaiki tanggal 7 Desember 2023. Gambar cover juga ditambahkan dengan yang baru karena gambar lama tidak terlihat. Jadi geli sendiri baca ini karena masih pakai kata 'gue' 😅

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkenalan dengan Istilah Cinephile

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh