Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Menikah Di Usia 40 Tahun?

[Artikel 36#, kategori Pria 36 tahun] Seperti mendapatkan pencerahan, pengalaman rekan futsal di akhir bulan Januari kemarin membuat saya yakin dengan tujuan baru saya tentang pernikahan. Menikah di usia 40 tahun, rasanya tidak masalah? 

Waktu sewa lapangan sebentar lagi mau selesai. Keringat yang sudah bercucuran mendadak berdesir kembali karena antusias. Saya tidak menyangka bahwa rekan saya ini baru menikah saat ia berusia 40. Yang mengagumkan, dia mendapatkan pasangan yang berusia 20 tahunan. Sebuah impian 😊

Tujuan baru

Saya gagal menetapkan tujuan menikah di usia 30-an. Padahal saya sangat bersemangat saat berusia 20-an tentang tujuan tersebut.

Dari sisi fisik, saya mampu dan punya pengalaman menyenangkan hati perempuan. Namun seiring waktu, saya semakin sadar. Menikah bukan tentang cinta atau ingin bersama. 

Banyak hal yang diperlukan dan itu membuat saya tidak memiliki kepercayaan diri, terutama sisi finansial. Bukan saja gagal, tapi saya semakin menghindar dari kenyataan.

Sekarang, dengan usia 36 tahun, saya memiliki tujuan baru untuk menikah. Usia 40 tahun rasanya batas maksimal yang bisa saya tetapkan. Bila juga gagal, saya tidak yakin akan bisa menentapkan tujuan baru. Mungkin saya akan menyerah saja dan menikmati hidup dalam kesendirian.

Berusaha

Memang rasanya mengkhawatirkan menikah di usia tersebut. Dari sisi fisik dan umur mungkin sudah terlihat tua. Belum lagi soal wanita yang mau menerima kenyataan bahwa calon suami mereka adalah pria yang dianggap kadaluwarsa. Rela mengenalkan ke keluarga?

Tapi, saat mendengar rekan futsal saya yang bisa melakukannya, saya punya harapan. Saya akan terus berusaha, terutama sisi finansial.

Saya yang hanya mengandalkan diri sendiri, apalagi bukan dari kalangan keluarga kaya, mau tidak mau perjuangannya cukup berat.

Belum lagi keyakinan bahwa saya bukan pekerja yang punya gaji bulanan. Paket lengkap sebenarnya untuk pria yang buruk. 

Namun saya yakin, ada satu wanita yang siap berusaha bersama saya. Entah itu siapa, setidaknya dia adalah wanita. Tentu saja, saya bercanda. Saya masih normal.

...

Begitu perkasa di usia muda,  namun ringkih di usia tua. Doakan saja saya baik-baik saja dan mendapatkan seseorang yang mau mendampingin saya. Toh, percuma hanya mendorong saya menikah tapi tak ada satu pun wanita yang mendekat.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Jab Harry Met Sejal, Film India Tentang Pria yang Berprofesi Sebagai Pemandu Wisata

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun