Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Lelahnya Press Day di GIIAS Semarang

[Artikel 23#, kategori Dibalik Layar] Meski bukan kali pertama, tetap saja pengalaman ini sangat melelahkan. Memang menyenangkan sih, tapi tetap saja ini arena petarungan yang apabila lengah sedikit saja maka akan tertinggal.

Event GIIAS Semarang kembali menyapa tahun ini di bulan Oktober dan tempat yang sama. Tulisan di halaman ini saya ingin membagikannya untuk melihat bagaimana dibalik layarnya liputan hari pertama saat resmi dibuka.

Bloger satu-satunya

Sebenarnya ada rekan bloger juga, namun saya pikir dia lebih ke media online. Apalagi latarnya pernah sebagai pewarta. Sosok yang sangat dikenal juga di Kota Semarang dan menginspirasi saya awal-awal menjadi bloger.

Mungkin dotsemarang bisa dikatakan satu-satunya bloger yang dapat berpartisipasi di event semacam GIIAS Semarang. Bukan karna brandingnya saja, tapi platform yang digunakan. Saya tahu betapa diremehkannya platform blogspot atau blogger.com beberapa tahun terakhir ini. 

Makanya saja sangat bangga bisa turut berpartisipasi diantara media yang mendapatkan akses khusus buat liputan. 

Sangat melelahkan

Jujur, itu sangat melelahkan. Agenda pembukaan yang direncanakan jam 9 pagi, mau tidak mau harus datang jam segitu. Acara pembukaan berisi sambutan-sambutan dari pemerintahan hingga penyelenggara.

Usai acara pembukaan, akan dilanjutkan acara khusus media atau Press Day yang dijadwalkan jam 12 siang. Ada jeda waktu untuk santai sebenarnya, tapi kita tahu bahwa sudah di sini tidak mungkin tidak tergiur brand-brand yang hadir untuk dijadikan konten.

Waktu yang ditunggu tiba juga. Press Day GIIAS dimulai dari booth Mandiri Tunas Finance. Ada 10 booth yang berpartisipasi tahun 2023, maka kami awak media harus mendatangi semua booth.

Maka jangan heran, waktu Press Day seluruhnya yang dimulai jam 12 akan berakhir jam 4 sore. Sudah ketebak kan bagaimana harus berdiri satu persatu saat acara dimulai tiap booth.

Kelelahan tersebut sampai saya bandingkan dengan main futsal. Lelah futsal mungkin berkeringat dan otot-otot yang jadi kaku. Di sini, lelahnya karena harus fokus pada tiap pembicara yang sedang mempersentasikan produk dari brand mereka.

Tantangan lainnya selain lelah adalah keterbatasan daya untuk perangkat yang digunakan. Hape yang masih saya gunakan adalah Zenfone 5 yang sudah kurang baik dari sisi baterai. Mengakalinya dengan power bank memang bisa, tapi itu pun tidak bertahan lama juga.

Dapat goodie bag hingga rilis

Saya jarang membagikan momen ini sebenarnya karena masuknya akan ke pamer diri. Beberapa booth yang kami datangin sesuai jadwal, ada yang akan mengasih goodie bag. Isinya beragam dan membuat senang.

Mulai dari makanan, barang-barang seperti botol minum, voucher belanja hingga lembaran rilis beberapa lembar. Sebagian brand ada juga yang tidak memberi rilis karena diberikan secara online. Kami, awak media disuruh registrasi untuk itu.

Meski itu semacam reward, saya baru tahu ada juga media yang diundang secara khusus. Oh ya, kalau saya dan media yang datang sebagian besar karena sejak awal diundang penyelenggara GIIAS. Sebagian mungkin dari brand yang mengikuti pameran.

Perbedaan ini ternyata baru saya ketahui. Dan tentunya, reward-nya juga berbeda. Begitu polosnya saya saat baru tahu ini.

📝 GIIAS Semarang tahun 2023 dimulai dari tanggal 18 Oktober dan berakhir pada tanggal 22 Oktober. Lima hari waktu gelaran acaranya. 

...

Saya sangat bangga dan senang bahwa dotsemarang bisa berpartisipasi karena difasilitasi. Namun jika diberi pilihan, andai tidak diberi fasilitas, mungkin saya memilih diam di kamar saja. 

Tidak capek, tidak ribet mikirin konten dan tidak bertemu banyak orang yang mencapai ribuan. Buat pusing sendiri. Umur sekarang, saya hanya ingin ketenangan saja.

Ditambah, dotsemarang datang hanya diundang sebagai media. Bukan influencer yang diundang karna kerja sama. Memikirkan uang bensin yang tiap kali pergi itu juga membebani.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Jab Harry Met Sejal, Film India Tentang Pria yang Berprofesi Sebagai Pemandu Wisata

Halo, Mei 2024