Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Akhirnya Datang Juga Surat Google Adsen

[Artikel 130#, kategori dotsemarang] Semenjak ngobrol dengan rekan-rekan bloger pada saat acara famtrip bareng Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, saya benar-benar masih polos tentang adsen. Namun pesan mereka tentang surat yang nanti bila tidak sampai rumah, saya disuruh samperin ke kantor pos. Biasanya masih ada di sana.

Jumat siang (23/10), saya bergegas menuju kantor Pos Johar. Katanya di sini kantor Pos pusat. Tujuannya jelas, saya ingin mengambil surat dari Google yang berisi PIN untuk memverifikasi Adsen.

Sial, saya disuruh pergi ke kantor Pos Erlangga. Katanya urusan seperti itu, adanya di sana. Bergegaslah saya pergi, menantang matahari lewat pedal sepeda. Ada harapan bisa salat Jumat, tapi ternyata.

Sesampainya di kantor Pos Erlangga, saya diarahkan untuk bertemu orang yang berada di lantai 2. Bagian dalam kantor, bukan bagian pelayanan. Ternyata memang sudah waktunya Jumatan, orang yang saya cari hanya bisa ditemui setelah Jumatan.

Antara berjuang atau bersikap sabar, saya hari ini sudah kehilangan niat Jumatan juga. Terpaksalah saya menunggu 1 jam di luar kantor Pos. Satu demi satu, orang-orang masih berdatangan. Padahal pagar sudah ditutup karena pada istirahat Jumatan.

Beberapa hari kemudian

Waktu yang ditunggu sudah tiba. Saya bergegas menuju tempat orang yang diberitahu sebelumnya. Sesampai di sana, si bapak sepertinya paham hal begituan. Bahkan sempat memancing saya tentang penghasilan dari google. 

'Saya bukan Youtuber, tapi blogger', kata saya menjawab pertanyaan si bapak.

Sepertinya kebanyakan yang datang ke sini mengambil adsen adalah Youtuber. Jarang sekali bloger. Atau baru saya saja yang datang karena terlalu lama menunggu surat google datang ke rumah.

Beberapa hari kemudian, ketika saya melupakan sejenak, mendadak surat itu datang dengan sendirinya. Saya benar-benar berharap, dan surat itu kini ada di dalam genggaman saya hari itu.

Langkah awal

Semenjak blog dotsemarang berhasil mendapatkan verifikasi google adsense bulan Agustus, kedatangan surat di bulan Oktober merupakan langkah awal saja. Melihat statistik, meski sudah menjadi anggota google adsen, tidak mudah mengumpulkan rupiah rupanya.

Saya ingat teman saya berkata bahwa bisa-bisa dalam 1 tahun hanya 2 kali gajian. Itu artinya untuk mencairkan rupiah dari penghasilan iklan yang ditaruh di blog sangat sulit. Kecuali memang situsnya sangat berbobot. Saya memikirkan website komik yang punya ribuan pengunjung tiap hari. Dotsemarang? Ah..lupakan.

...

Saya senang bahwa blog dotsemarang sudah bisa terlihat iklan. Harapan yang menginginkan pendapatan dari blog sudah tercapai. Sekarang, bagaimana menjaga harapan tersebut ketika semua yang dipikirkan tidak sesuai kenyataan.

Semoga saja ada keajaiban seperti di bulan Agustus ketika Google berbenah. Tidak mudah mendapatkan verifikasi google, saya mengalaminya dengan sejumlah blog lainnya yang saya kelola. Beruntung untuk dotsemarang seharusnya.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Mengenal Istilah Jam Kerja Hotel; Split atau Double Shift