Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Kabar Baik! Blog dotsemarang Sudah Bisa Adsen


[Artikel 126#, kategori dotsemarang] Mungkin saya terlambat, salah alamat. Perasaan yang sudah banyak orang rasakan, kini pindah ke saya hari ini. Saya terus melihat, scroll ke bawah dan itu terus ada. Ya, blog dotsemarang sudah ada iklannya. Luar biasa. Saya suka bulan Agustus.

Saya adalah pemilik blog yang paling merasakan dampak setelah platform blogger akhir-akhir ini banyak merombak dashboardnya. Dan bulan Agustus datang, tanpa sadar halaman untuk adsen yang ada di dashboard, yang biasanya sulit diapa-apain, kini lebih mudah diutak-atik.

Dan tara... beberapa hari kemudian blog dotsemarang dapat pemberitahuan lewat email yang dikirim oleh google bahwa sudah siap untuk digunakan untuk iklan. Pengalaman pertama kali memang selalu menyenangkan.

Tinggal centang

Mei 2020, kala itu saya menulis di blog Liga Blogger dengan judul 'Tampilan Platform Blogger Baru yang Lebih Nyaman Untuk Pengguna Smartphone'. Semenjak itu, si blogger (platform) terus memperbarui dashboardnya dengan fitur-fitur menarik. Beberapa juga ada yang diperbaiki.

Dan artikel berikutnya di bulan Juli, tentang Pengumuman dari Blogger agar penggunanya segera memilih ke antarmuka yang baru atau yang lama.

Saya terus mengawasi dan mengamati apa yang bakal terjadi di bulan Agustus pada platform. Saya membuka satu persatu halaman di dashboard, seperti Postingan, Statistik, Komentar dan Penghasilan. 

Ya, halaman penghasilan. Tunggu dulu, ini berbeda dari biasanya. Lalu saya mencoba mengutak-atik. Bila biasanya saya gagal menambahkan situs di halaman resmi website Adsen, kali ini lebih mudah.

Alamat blog dotsemarang sudah masuk dalam daftar, tapi disuruh menunggu. Hingga beberapa hari kemudian, email masuk ke alamat dotsemarang seperti cerita pada paragraf atas.

Saya sedikit bersabar untuk tidak buru-buru membuka halaman dashboard blogger. Itu juga mengingat waktunya sudah mau tidur.

Akhirnya saya membuka saat jam kerja, dini hari. Saya berharap ini kenyataan bahwa blog dotsemarang sudah diizinkan oleh adsen. 

Masuk ke halaman Penghasilan, saya baca sekali dua kali, lalu ada bagian yang harus memilih untuk lokasi iklan yang ingin ditampilkan. Saya hanya perlu mencetang dan menyimpan perubahan tersebut.

Semoga berkah

Pagi matahari bersinar, perasaan saya baik-baik saja. Dan tidak perlu menunggu lama untuk langsung menyalakan laptop dan melihat hasil dari apa yang beberapa jam saya lakukan.

Ternyata benaran. Iklan ada dengan sendirinya di halaman blog dotsemarang. Tanpa disuruh mengubah kode apapun. Semua dilakukan oleh google adsen. 

Ada 3 iklan yang tersedia dan tampil di halaman utama blog dotsemarang. Dan semuanya ada di bawah tulisan. Entah gimana mereka meletakkannya. Perasaan saya masih terkagum-kagum.

Kemudian saya mencoba memasang banner samping dengan memperbarui widget yang sudah lama saya pasang tapi tidak berfungsi sama sekali. Ya, itu berhasil juga. 

Perasaan saya hingga tulisan ini saya buat, benar-benar senang sekali. Saya belum memikirkan apakah itu mengganggu pembaca di masa depan atau tidak. Saya hanya bersyukur bahwa blog dotsemarang bakal lebih baik lagi.

Saat ini memang belum besar penghasilannya, tapi saya sudah melangkah ke depan, meski perlahan. Selama ini saya berhenti berjalan, seolah tidak tahu arah dan hanya pasrah.

Semoga ini menjadi berkah, untuk saya dan masa depan kami. Pandemi benar-benar membuat saya menderita bila memikirkan isi dompet yang kosong.

...

Saya masih tidak percaya bahwa tanpa domain berbayar, blog dotsemarang diterima oleh adsen. Terima kasih sekali untuk diri saya yang tidak lelah berkarya lewat tulisan. 

Saya harap di masa depan, blog dotsemarang tetap baik-baik saja. Tidak kalah dengan pemilik blog yang memakai domain sendiri atau media online yang selalu terkini dalam berbagi informasi.

Sekali lagi, terima kasih.
Buat orang-orang yang masih setia berkunjung ke blog dotsemarang, buat kamu yang masih peduli dan orang-orang yang tersasar ke blog dotsemarang. Terima kasih yang tak terhingga.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Half Girlfriend, Film India Tentang Pria yang Jatuh Cinta dan Tidak Mau Menyerah

Berkenalan dengan Istilah Cinephile

Jalebi, Film India Tentang Indahnya Cinta Bila Bisa Melepaskannya