Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

[Di balik layar] Rasa Tidak Percaya Diri Saat Berhadapan dengan Fotografer di Acara Karnaval

[Artikel 21#, kategori Dibalik Layar] Baru kali ini merasakan terintimidasi karena melihat banyak fotografer yang berseliweran di depan mata silih berganti. Saya sedang liputan bahasa kerennya atau menonton acara Karnaval seni Budaya Lintas Agama dan Pawai Ogoh-ogoh 2023 akhir bulan April kemarin.

Tidak menyangka perasaan itu datang begitu saja. Saya menulis ini bukan tentang sisi negatif mereka (fotografer), tapi tentang diri saya yang merasa sangat kekurangan dari sisi perangkat atau gadget.

Bayangin, para fotografer membawa kamera profesional dengan berbagai ukuran yang sangat menunjang aktivitas mereka. Hasilnya, pasti jelas. Akan ada mahakarya dari cerdiknya mata mereka mengambil sudut pandang yang ditunjang perangkat.

Saya, seorang blogger? Mentang-mentang kebutuhannya hanya untuk blog, hanya menggunakan smartphone sebagai perangkat tiap acara untuk liputan. Tapi memang hanya punyanya itu, tidak punya kamera profesional. Gimana dong!

Intimidasi

Biasanya saya tidak begini dan tidak memikirkan sampai segitunya. Namun kemarin, entahlah. Saya seperti orang biasa yang tidak perlu keahlian apapun untuk hadir yang biasanya mengaku sebagai bloger.

Saya melihat para fotografer berjalan penuh rasa percaya diri di depan saya. Menenteng kamera, pakaian yang diserasikan, tas yang keren dan perintilan yang mungkin harganya bisa satu hape saya yang sedang dipegang ini.

Saya ingin juga seperti mereka. Berjalan melewati banyak pasang mata saat sebelum acara. Bebas akses di mana-mana karena dianggap profesional dan tentu, kamera profesional yang siap mengambil banyak gambar untuk momen-momen tidak terduga.

Namun saya sadar bahwa itu sulit. Bermodal kamera smartphone dan pakaian ala kadarnya, rasa percaya diri yang biasanya mendadak hilang.

Terintimidasi! Ditambah teriknya matahari, alhasil apa yang saya kerjakan selama acara juga menjadi sulit. Hasil jepretan yang diharapkan banyak dan bagus, malah kena dampak alias tidak maksimal.

Apakah saya harus membeli kamera profesional juga? Padahal hasil kamera smartphone juga sangat baik. Tidak kalah jauh dan bahkan ada yang lebih baik dari kamera profesional. Ya, hanya saja harga smartphone-nya juga bisa buat gigit jari.

Rasanya tetap berbeda, apalagi ada acara seperti karnaval. Membawa kamera profesional berada di level tertentu dari mereka yang bahkan menggunakan smartphone paling mahal.

Lihat masyarakat di sekitar, semuanya memiliki smartphone. Lihat fotografer, mereka terlihat keren. Memang ini hanya sudut pandang, tapi tetap saja yang saya rasakan adalah bagaimana diri saya terintimidasi karenanya.

...

Halaman ini saya buat memang tentang kekurangan saya yang dalam realita terus memproduksi tulisan di blog dotsemarang. Sebagai manusia, wajar ada sisi lain yang tidak diangkat dalam konten yang dibuat.

Saya sudah berpengalaman sudah lebih 10 tahun, tidak ada masalah sebenarnya. Namun kali ini sedikit berbeda. Suasananya membuat pengalaman berbeda. Mungkin saya memang hanya perlu fokus di tulisan. Gambar hanyalah pemanis saja, tidak perlu hasil yang mentereng atau jepretan handal.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Jab Harry Met Sejal, Film India Tentang Pria yang Berprofesi Sebagai Pemandu Wisata

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun