Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Mandi Jam 2 Pagi

[Artikel 2#, kategori pria 35 tahun] Tidak terasa tahun ini sudah memasuki tahun keenam di mana saya rutin mandi sebelum subuh. Dan sekarang setelah beberapa hari kemarin resmi berumur 35 tahun, saya pun masih rutin mandi dini hari. Kali ini jam 2 pagi. Apakah itu sangat dingin?

Tidak juga, itu karena sudah biasa. Dan kondisi rumah juga bukan di dekat pegunungan. Saya jadi ingat saat nginap di hotel Garuda yang lokasinya berada di bawah gunung Telomoyo. Sumpah itu dingin banget.

Nginjak lantai jam 2 pagi seperti mau jalan di sungai yang membeku jadi es. Meski dinginnya sampai ke hulu hati, saya tetap mandi. Ada air hangat di sana.

Membangunkan diri

Tentu mandi jam 2 pagi tidak masuk akal buat sebagian orang. Namun untuk saya yang bekerja dini hari, bangun pagi adalah tantangan yang berat. Kantuk hingga perasaan malas yang jadi satu kemasan, plus semisal ada kegiatan yang membuat tubuh lelah, bangun rasanya berat sekali.

Mandi dini hari adalah salah satu cara untuk membangunkan diri. Memberi dorongan motivasi dan keluar dari belenggu kantuk yang terus mengajak merugi (buang-buang waktu).

Masih banyak lagi keuntungan mandi dini hari tentunya, kamu bisa mencari tahunya. Yang pasti alasan yang saya ceritakan di sini adalah sebagiannya.

Ada saingan

Saya pikir saya adalah pria satu-satunya di rumah ini yang mau mandi pagi-pagi buta. Ternyata, tidak. Bulan Juni kemarin saat rumah kedatangan banyak orang yang sedang merenov rumah, ada satu orang yang juga rutin mandi dini hari.

Beliau yang berumur sudah kepala 40 membuat saya merasa tersaingi. Bedanya, selain rutin mandi dini hari, ia adalah orang rajin ibadah. 

Kebiasaannya sebagai pekerja adalah warisannya yang dimiliki untuk melakukannya seolah hal biasa atau bahasanya konsisten. Kesombongan saya saat itu seolah jatuh tanpa saya sadari. Selalu ada yang lebih baik dari yang kita perbuat.

...

Di umur 35 tahun, saya masih konsisten mandi pagi buta. Berada di titik ini bukan tanpa sebab, tapi yang bisa saya bagiin untuk membuatmu termotivasi adalah lakukan sekarang dan jangan menundannya. Abaikan rasa khawatir karena merasa tidak nyaman.

Dan lihat beberapa tahun kemudian. Konsisten yang kamu lakukan pasti akan berbuah hasil. Jadi, jangan cepat menyerah atau bosan. Nilainya tidak terasa secara cepat. Tapi pasti berhasil kala kamu menekuninya.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Half Girlfriend, Film India Tentang Pria yang Jatuh Cinta dan Tidak Mau Menyerah

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng