Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Mandi Malam Setelah Futsal


[Artikel 41#, kategori futsal] Sudah beberapa pekan saya melewatkan postingan tentang futsal. Sungguh saya bersyukur bahwa banyak aktivitas meski menghalangi, tapi sedih juga ketika lupa. Apakah kamu tetap mandi bila selesai bermain futsal hingga jam 9 malam?

Saya tetap mandi karena bau keringat di tubuh itu mengganggu. Beberapa sugesti memang ada yang mengatakan tidak baik mandi malam. Bila harus, mungkin gunakan air hangat. Ah tidak, saya tidak ingin diribetkan hal-hal seperti itu.

Ternyata, banyak manfaatnya

Saat menulis ini, saya mencoba mengetikkan mandi malam di mesin pencari. Niatnya ingin mengetahui kerugian mandi malam. Eh, malah dapat kelebihan mandi malam hari.

Mengutip dari situs doktersehat.com, ada 7 manfaat dari mandi malam. Ini bukan sebatas tentang aktivitas bermain futsals seperti saya saja. Kamu yang bekerja atau lainnya, sebaiknya harus mandi malam.

Saya mengenal seseorang yang bekerja hingga malam hari dan setelah pulang langsung tidur tanpa mandi. Ah itu buruk. Mungkin bila tidur di kamar sendiri, saya tidak akan mempermasalahkan.

1. Menghindari jerawat

Menurut National Sleep Foundation, mencuci muka sebelum tidur dapat membantu mengurangi jerawat, meningkatkan kelembapan kulit, mencegah keriput dan mengurangi kemungkinan Anda terkena infeksi mata.

2. Mengatasi alergi musiman

Apabila Anda memiliki alergi musiman, seperti alergi terhadap serbuk sari, alergi kulit yang berasal dari pakaian, maka khasiat mandi malam hari yang bisa didapatkan adalah membantu menghilangkan residu pada tempat tidur. Residu yang terdapat di seprai dapat membuat gejala yang lebih buruk dan mengganggu kualitas tidur.

3. Meningkatkan Relaksasi

Mandi malam sehat karena aktivitas tersebut membantu Anda meredakan ketegangan dan kecemasan sekaligus meningkatkan relaksasi. Karena itulah, efek mandi malam ini dipercaya mengatasi masalah mental. Mandi malam dengan air hangat dapat membuat waktu tidur lebih panjang.

4. Menjaga kesehatan kulit

Hormon pertumbuhan mengatur perubahan pada kulit, sedangkan hormon seks memengaruhi ukuran kelenjar minyak pada tubuh. Kedua hormon tersebut memuncak pada malam hari, sehingga manfaat mandi malam yang bisa didapatkan adalah menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit, dan menjaga keseimbangan hormon. Mandi malam pada akhirnya memberikan hormon terbaik bagi kulit untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

5. Menghindari kuman di tempat tidur

Salah satu bagian tubuh yang banyak mengandung bakteri adalah kepala. Jika Anda tidur tanpa membilas rambut, hal itu bisa membuat bantal atau tempat tidur Anda terkontaminasi bakteri, sehingga membuat wajah Anda rentan mengalami jerawat.

6. Rutinitas pagi yang lebih baik

Mandi pagi hari pada dasarnya efektif membuat tubuh Anda lebih segar. Namun, jika pada malam harinya Anda sudah mandi, maka ketika mandi pagi Anda tidak perlu lagi meluangkan banyak waktu untuk mengeringakan tubuh. Sisa waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas aktivitas di pagi hari seperti menulis, membaca atau berbincang dengan anggota keluarga.

7. Meningkatkan waktu tidur

Manfaat mandi malam yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur Anda. Perlu diketahui, suhu tubuh adalah komponen kunci dalam mengatur ritme sirkadian. Sejumlah penelitian mengungkapkan, bahwa menghangatkan tubuh dapat membantu untuk tidur lebih cepat. Waktu terbaik untuk mandi malam adalah setengah jam sebelum tidur.

Konten aslinya bisa dibuka di sini.

...

Tidak terasa, sudah akan menginjak 2 tahun bermain futsal bersama rekan-rekan yang awalnya tidak banyak yang dikenal. Saya selalu tidak sabar menanti hari Jumat. Beberapa video tentang saya bermain futsal saya bagikan di media sosial dengan tagar #JumatFutsal. 

Jangan lupa follow akun Instagram saya bila kamu suka bermain futsal juga.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Halo, Mei 2024