Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Operan yang Menjangkau


[Artikel 4#, kategori futsal] Latihan futsal hari ini kembali diliburkan seperti sebelumnya yang berbenturan dengan hari libur. Apalagi jadwal futsal tiap jumat yang biasa saya ikuti, hari ini liburnya membuat banyak orang bahagia. Long weekend.

Semenjak kembali berlatih futsal awal tahun, saya tidak menyangka bahwa bisa rutin mengikuti. Apalagi orang-orangnya tidak banyak yang kenal dan hanya 1 orang yang saya kenal sebenarnya, yang termasuk mengajak saya ikut bermain.

Jumat ini kalender berwarna merah karena memperingati Wafat Isa Al Masih. Selain karena libur tanggal merah juga, sebagian besar pemain futsal yang saya ikuti sepertinya merayakan tanggal 30 Maret ini.

Operan yang menjangkau
Futsal memang tempat mempertunjukkan skill bagi pemain yang punya kemampuan di atas rata2, namun cara menikmati pertunjukan sesungguhnya adalah bagaimana passing yang menjangkau rekan dan menaklukkan penjaga gawang dengan indah 
Paragraf di atas sebenarnya saya ambil jumat sebelum libur hari ini. Ini tentang pemikiran saya setelah memutuskan mengambil peran dari tengah lapangan ketimbang menghabiskan tenaga dari sisi sayap.

Saya mengerti fisik saya benar-benar drop. Maka peran inilah yang membuat saya banyak memberikan passing atau operan yang membuat saya menikmati pertandingan lebih baik.

Di lapangan futsal, mempertunjukkan skill adalah sesuatu yang membanggakan. Jumat ini saya melakukan trik yang mungkin membuat terkesima banyak pemain saat bermain kemarin. 

Namun saya kehabisan nafas lagi, terlalu banyak pertunjukkan yang saya tampilkan. Saya menyadari ini tidak baik. Maka passing merupakan rumus ajaib mempertahankan fisik dari tekanan yang luar biasa selama bermain.

Passing yang dianggap latihan paling sederhana merupakah kunci permainan sebenarnya. Saya jadi ingat latihan-latihan dengan terus menerus melatih operan saya.

Saat kembali ke masa lalu, operan saya benar-benar memanjakan pemain yang berada satu tim bersama saya. Itu menyenangkan dan membanggakan. Kekuatan passing benar-benar menghancurkan monster yang sebelumnya pernah saya bahas di sini.

...

Ketika kamu mulai menyukai permainan sepakbola atau futsal, belajarlah dengan giat dan kerja keras untuk meningkatkan passing atau operanmu.

Sepele, tapi ingatlah kata-kata saya di atas yang sudah saya beri tanda. Cara menarik menikmati permainan adalah passing yang menjangkau semua pemain. Seperti tika-tiki mungkin menyebutnya.

Dan ditambah pemain yang bertipe monster, percaya deh bahwa kamu punya tim yang bisa kamu banggakan. 

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng