Pilih Nonton Streaming atau Nonton Offline (Download)?


[Artikel 15#, kategori Internet] Kamu pernah membaca postingan saya tentang nonton streaming dengan durasi 1 jam lebih menghabiskan 200 MB? Lebih nyaman emang? Kalau ada wifi atau koneksi lancar, nonton seperti itu memang nyaman. Tapi sekarang saya punya pilihan lain soal kenyamanan itu.

Pengalaman adalah guru yang berharga. Mungkin itu makna yang saya petik waktu kemarin saat Wifi di rumah keblokir karena belum bayar. Kenyamanan yang sudah biasa dirasakan hilang seketika. Dan mau tak mau, saya sebagai orang yang tidak mau menyerah, mencari cara untuk mengatasi permasalahan soal aktivitas nonton film online.

Situasinya sebenarnya sama. Hp masih jaringan 4G, hanya saja koneksi menggunakan Indosat untuk di rumah leletnya setengah mati bila dibandingkan di luar area rumah (komplek). Padahal kalau ke kawasan tengah kota, rumah saya juga berada di tengah kota sebenarnya, koneksinya luar biasa. Entah kenapa kalau udah di rumah, meski jaringan 4G.

Instal UC Browser

Saya sudah kesana kemari mencari menemukan solusi agar koneksi yang lemah saya gunakan ini bekerja lebih maksimal. Chrome sebagai browser favorit sepertinya tidak mampu mengimbangi aktivitas online saya, khususnya nonton film-film drama Korea atau film luar.

Akhirnya, saya mencoba menginstal UC browser dan mencobanya. Tetap aja ternyata meski pelan-pelan akhirnya bisa terbuka. Kalau harus menunggu loading, tentu ini merepotkan. Bagaimana kalau di download saja. 

Nonton offline

Keputusan mendownload film ternyata menjadi alternatif terbaik. Koneksi yang kembang kempis ternyata tidak berdampak terputusnya download-an menggunakan UC. Apalagi download di UC memangkas banyak waktu agar lebih ringkas.

Semenjak itu, akhirnya saya memutuskan untuk menonton film tidak streaming lagi. Tapi offline. Kelebihannya memang kita bisa memilih waktu kapan saja dan tempat di mana saja tanpa terkendala koneksi jaringan yang buruk atau sibuk. Kelebihan lainnya, baterai kamu lebih irit karena aktivitas download bisa kamu tinggalkan dan kabel charger bisa terpasang tanpa gangguan.

Kekurangannya, kamu butuh ruang / memori besar bila harus mengumpulkan banyak video di hapemu. Dan biarkan UC bekerja secara maksimal.

Kuota data internet nonton streaming dan download ternyata sama

Data yang dihabiskan nonton streaming sekitar 200 MB untuk durasi 1 jam lebih adalah 200 MB. Dan untuk data yang dihasilkan dari download-an file video sekitar 170-200 MB. Dengan catatan video yang ditonton atau di download adalah video beresolusi 360. Jangan pakai 480 atau 720. Semakin besar resolusinya semakin besar pula data yang digunakan.

Kalau dilihat dari data di atas, ternyata kuota yang kita gunakan sama saja untuk nonton dengan durasi waktu 1 jam. Saya pikir, lebih enak download saja buat saya sekarang. Tips download film drama Korea, jangan lupa subtitlenya.

...

Ini adalah alternatif yang bisa digunakan bila koneksi di Smartphone ngos-ngosan. Download lebih memungkinkan kita menonton tanpa acara nyendat-nyendat dan beberapa keuntungannya bisa dibaca lagi di atas.

Namun kalau punya koneksi kencang, wifi dan jaringan 4G tidak terganggu, nonton streaming tetap bisa diandalkan. Sarannya kalau koneksi mulai lemah, cari browser yang paling ringan membuka halamanan. Sementara saya punya rekomendasi UC Browser dan CM Browser sebagai alternatif browser ringan.

Kelebihan UC browser yang saya suka adalah proses downloadnya yang mudah dan peningkatan kecepatan yang tidak dimiliki Chrome. Semacam fast charging pada smartphone modern sekarang.

Bagaimana dengan kamu, pilih yang mana?

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Film Pengabdi Setan