Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Manhua dan Manhwa


[Artikel 2#, kategori Komik] Dua istilah ini mendadak populer dalam mengarungi dunia perkomikan digital yang baru saya temui sebulan ini. Saya benar-benar katro. Tahunya masih tentang Webton saja dan komik dalam versi cetak. Biarkan saya mengenal ini sekarang.

Menurut blog Ciayo, orang-orang China menyebut komik dengan istilah manhua. Cara membacanya juga sedikit berbeda dari pikiran saya selama ini. Dari kiri ke kanan. Atau atas dan bawah.Yang sering saya temui kebanyakan yang dari kiri ke kanan baik manhwa maupun manhua.

Oh ya, Manhwa itu sendiri berasal dari Korea. Beberapa perbedaan diantara Manhua, Manhwa hingga Webtoon mengutip blog ibrahim-al-ayubi.blogspot.com :

1. Cara baca
  • Manga dari kanan ke kiri.
  • Manhwa dari kiri ke kanan
  • Manhua dari kiri ke kanan dan ada juga dari atas ke bawah.
2. Asal negara
  • Manga dari Jepang
  • Manhwa dari Korea Selatan
  • Manhua dari China
3. Gambar
  • Manhwa dan Manhua cenderung memiliki gambar yang lebih realistis dan menggambar karakter sekeren mungkin, karena pada dasarnya orang-orang China dan Korsel itu memang keren.
  • Sedangkan Manga itu penggambarannya melebih-lebihkan kenyataan.
4. Alur cerita
  • Manhwa dan Manhua biasanya ceritanya nyambung dan episodenya nggak panjang.
  • Manga biasanya alur ceritanya keren tapi pada saat manga itu sudah tamat biasanya berakhir buruk dan itulah yang kadang membuat para fans kecewa.
5. Cerita
  • Manhwa biasanya romance dan konflik percintaan.
  • Manhua biasanya cenderung ke perkelahian menggunakan bela diri seperti kung-fu dan berlatar kerajaan.
  • Manga biasanya ceritanya tentang orang yang memiliki kekuatan super yang sangat dahsyat, superman saja bisa kalah. 
...

Mungkin tanpa saya sadari, dunia yang begitu mudah terakses seperti sekarang ini membuat saya semakin bodoh karena kurang menyadari. Sudah saatnya belajar lebih banyak untuk mengenal dunia ini.

Tidak masalah saya dianggap kurang gaul. Karena memang saya akui kekurangan ini dalam dunia perkomikan. Saya akan lebih banyak lagi bercerita tentang komik di blog ini. Sambil belajar sambil nyelam minum air. Nggak nyambung deh.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng