Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Konten Press Release


[Artikel 100#, kategori dotsemarang] Konten ini merupakan salah satu konten yang turut hadir di blog dotsemarang. Jujur, konten ini tidak saya sukai awalnya. Namun seiring waktu, konten ini datang menawarkan sesuatu. Apakah ini berarti blog dotsemarang sudah tercemar?

Beberapa bulan belakangan, konten ini datang dengan jumlah yang lebih besar. Kamu kecewa? Saya tidak bisa berkata apa-apa, selain pasrah.

Risiko diundang dan dikenal brand

Untuk bisa masuk ke level yang lebih baik, tidak semua bloger dapat melakukannya. Diundang sana-sini, diperhatikan brand, kumpul bareng media dan masih banyak lagi.

Dotsemarang berada di level tersebut, yang membuat mau tidak mau harus menerima situasi yang diberikan. Apakah tidak mau menolak?

Konten rilis adalah informasi yang valid atau resmi. Tentu sebagai bahan rujukan, konten tersebut sangat penting. Meski akhirnya akan terlihat sama dengan media lain, apalagi sesama bloger.

Saya tidak dapat menolak. Tapi yang saya lakukan adalah dengan mengedit beberapa paragraf. Ya, saya masukkan sudut pandang atau persepektif saya di sana. Dan juga, mengubah judul sebeda mungkin.

Konten berbayar

Tidak semua konten rilis saya taruh di blog dotsemarang. Bisa dibayangkan bila semua konten saya terima, mau jadi apa isi blog saya. Mending dapat bayaran untuk menerbitkan, ini tidak sama sekali.

Harapannya begitu. Konten rilis jadi konten berbayar. Saya tidak malu untuk mengatakan bahwa saya membutuhkan aliran dana untuk terus aktif ngeblog. 

Beberapa konten rilis ada yang berbayar memang ada. Tapi bukan dibayar karena untuk terbit. Kebanyakan datang saat saya hadir disebuah acara. Sebagian orang-orang yang paham mungkin mengerti dengan istilah uang transportasi. 

Untuk ukuran saya yang tidak mengandalkan iklan adsen dalam memenuhi keuangan blog saya, itu sangat berharga. Tidak besar, namun cukup untuk koneksi Internet satu bulan.

Selain itu juga meski tidak berbayar, adalah menjaga keintiman brand maupun orang-orang yang sering mengundang. Menjaga mereka tetap dalam lingkungan kerja sama adalah sangat penting juga.

Saya ingin jujur

Sebisa mungkin saya akan mengatakan diawal bahwa konten yang dirilis adalah artikel press release yang diberi tanda []. Saya ingin jujur di sana. 

Saya tidak ingin mengecewakan orang-orang yang terbiasa mendatangi blog dotsemarang setiap hari karena merasa kecewa bahwa kontennya berupa rilis.

Konten rilis yang tulisannya diatur dari orang yang memberikan memang terkesan kaku dan jauh dari bagaimana dotsemarang melakukannya seperti biasanya.

Membagikannya kepada orang-orang yang berada di saluran dotsemarang

Salurang (media sosial) yang sudah dibangun dotsemarang bisa dikatakan besar untuk seukuran bloger lokal. Pengguna yang masih setia bertahan mengikuti, saya harap mereka terdepan mendapatkan informasi.

Itulah keuntungan buat mereka. Apalagi, seperti awal saya katakan, blog dotsemarang tidak ada iklan yang memberatkan pengunjungnya untuk membacanya. Karena saya mengerti, iklan dapat membuat halaman terasa berat dan muak.

Selain itu, informasi yang dibagikan lewat saluran saya dapat sebagai bahan rujukan dan pengetahuan. Memang di era sekarang informasi mudah ditemukan dan kanal media luar biasa banyak.

Tapi sekali lagi, saya hanya ingin membagikannya kepada kamu yang masih setia. Lebih update, lebih resmi dan lebih dipercaya.

...

Konten press release terkadang memang menyebalkan. Karena informasinya banyak copy paste. Belum lagi terbit dibanyak kanal media. Baik media resmi hingga sesama bloger.

Saya tidak dapat memaksa kamu untuk berhenti membaca. Tapi kejujuran diawal paragraf, saya harap bisa mengurangi rasa kecewamu. Kamu bisa memlih meneruskan membaca atau berhenti sebelum selesai semuanya dibaca.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Half Girlfriend, Film India Tentang Pria yang Jatuh Cinta dan Tidak Mau Menyerah

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh