Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Selamat Idulfitri 1440 H


[Artikel 8#, kategori Lebaran] Saya kembali membaca postingan setahun lalu tentang opor ayam. Diakhir tulisan halaman tersebut, apakah tahun depan (itu artinya lebaran sekarang) saya bisa memakan opor? Dan jawabannya sama sekali tidak.

Selasa, 21 Mei 2019, tuan rumah sudah pergi mudik. Saya menolak ajakan ikut mudik karena saya ingin lebih fokus dengan dotsemarang dahulu. Saya tak perlu dicap anak tak berbakti, karena sudah beberapa kali lebaran tidak pulang, jadi rasanya sudah biasa.

Cuaca di Semarang Lebaran yang jatuh pada hari Rabu dan Kamis (5-6 Juni) kali ini sangat cerah. Bahkan siang hari yang selama puasa sangat terik, kali ini lebih adem. Oh ya, sehari sebelum idulfitri, saya malah pergi ke bandara dengan bersepeda.

Salat di Masjid Agung Jawa Tengah

Sempat bingung memilih lokasi salat id kali ini, apakah di lapangan Simpang Lima atau Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Setelah melihat postingan tahun lalu di blog dotsemarang yang kala itu salat di Simpang Lima, akhirnya memilih MAJT. Lumayan dekat.

Sebenarnya di sekitar rumah ada penyelenggaraan salat id yang lokasinya ditaruh di jalan. Dasarnya saya bukan sekedar masyarakat biasa, saya selalu mencari sesuatu yang berkaitan dengan dotsemarang agar bisa diposting. MAJT tentu saja menarik dari sisi konten.

Jam 5 pagi sudah pergi dari rumah. Meski lampu di jalan-jalan masih menyala, dan dingin yang masih merasuk jiwa, datang lebih awal lebih dikarenakan menghindari macet dan tidak kebagian tempat. Naik sepeda? Tentu saja.

Lebih baik menghabiskan waktu di plataran MAJT ketimbang mepet waktu. Mendapatkan spot bagus agar sudut pandang lebih menarik adalah pikiran saat itu.

Jadwal salat id hari ini dimulai setengah 7 pagi. Tapi sedikit molor. Yang tidak saya sadari adalah pengisi ceramah adalah Menristek, Prof. H. Mohamad Nasir, AK. Ph.D.

Tahu salah satu tema yang dimasukkan dalam ceramah setelah salat? Era revolusi industri 4.0 jadi bahannya. Itu benar-benar sangat menarik. Melihat orang-orang kita terus diberi pemahaman seperti ini tentu saja kita akan siap menuju Indonesia yang lebih baik. Seharusnya.

Berharap ada keajaiban

Disatu sisi saya ingin menjadi kuat dalam artian pria yang lebih baik, dari sisi harta, pekerjaan dan kelebihan lainnya. Namun sisi lain, saya tetaplah pria biasa yang berharap seseorang datang.

Saya pikir, saat saya tetap ada di tempat biasanya, orang-orang akan datang melihat saya. Menjaga nama tetap hadir memang seakan mudah. Tapi itu butuh keajaiban rasanya.

Mungkin suatu hari.

...

Selamat Idulfitri, mohon maaf lahir batin. Saya harap kalimat maaf ini bisa diterima semua orang tanpa memilih perbedaan karena masa lalu.

Dan kesempatan makan opor ayam kali ini tidak dapat diraih kembali.  

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkenalan dengan Istilah Cinephile

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh