Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

[Review] KopdarSMG Edisi April 2015


Berdiri diatas kaki sendiri itu mudah. Mau tetap bertahan atau jatuh, terserah. KopdarSMG hanya berusaha menggali potensi dari mereka yang menginspirasi. Cukup dengarkan mereka bercerita, bertanya saat kurang tahu, dan sadar bahwa mereka ada di kota kita. Ini sedikit cerita dari kegiatan saya dan dotsemarang tentang KopdarSMG yang sudah ke-19 kalinya berjalan.


Sepertinya, saya sudah tidak percaya lagi dengan ramalah cuaca di ponsel saya, Lumia 535. Prediksinya hari ini hujan sorenya. Saya lumayan takut dan gugup. Jangan-jangan beneran, dan acara saya bisa gagal.

Namun kekuatan harapan dan doa sepertinya membuat saya lega. Ya, kamis sore, (16/4), di rumah Albi (sebelah rumah sakit Telogorejo), acara kopdar berjalan lancar tanpa kendala karena cuaca. Thanks Allah SWT.

Mereka yang hadir

Bila cuaca sudah melegakan saya, namun ada sesuatu yang membuat saya harap-harap cemas. Rekan saya belum datang. Keterlambatannya membuat molor dari waktu yang diharap. Setidaknya ini jadi pelajaran berharga hari ini dan kedepannya.

Hari ini KopdarSMG kedatangan tamu dari beberapa komunitas dan forum di Semarang. Ada Akademi Berbagi Semarang, Satoe Atap, Harapan Semarang & Forkom PSP, Kelas Inspirasi Semarang, SB SMG (Sahabat Beasiswa), Mata Air Foundation, Internet Club, Blogger dan tim hore.

Alasan mereka hadir

Tema KopdarSMG bulan April adalah edukasi. Saya dan dotsemarang sengaja mengundang AkberSMG dan Satoe Atap. Untuk AkberSMG, jarang-jarang mereka yang jadi tokoh utama atau pembicara dalam sebuah wadah atau forum. Dan KopdarSMG berhasil melakukannya.

Meski yang hadir adalah relawan yang baru tahun ini, saya sebenarnya berharap ada nama-nama lama yang cukup saya kenal. Mengapa mereka saya hadirkan?

AkberSMG adalah kelas yang menginspirasi banyak orang menurut saya. Mereka bukan hanya ada di kota Semarang tapi banyak kota di Indonesia. Ngobrol disini, membuat saya dan peserta lain tahu seperti apa pengalaman mereka mempertahankan konsistensi. Bercerita tentang suka dukanya hingga semangat apa yang dibawa.

Lain lagi dengan Satoe Atap yang merupakan komunitas sosial di kota Semarang. Saya mengenal mereka cukup lama. Dan tahun ini, mereka sudah berumur 8 tahun. Baru saja mereka merayakan hari jadinya kemarin.

KopdarSMG menghadirkan mereka dengan alasan silaturahmi dan ingin mengucapkan selamat hari jadi mereka. Lalu, mendengarkan kisah-kisah yang menarik selama perjalanan mereka hingga sekarang.

Yang lain hadir, komunitas, mereka tetap mendapatkan space berbicara diantara kita. Ada yang baru tahu, ada yang terkesima dengan kegiatan mereka dan ada pula yang merasakan kebahagiaan tersendiri karena bisa duduk bersama dan sebagainya. Oh di Semarang ada toh yang begini.



...

Tentu, kalau diceritakan semua disini akan panjang ceritanya. Jadi, saya sudahin dulu saja. KopdarSMG berusaha memfasilitasi siapa saja untuk bercerita dan mengenalkan diri mereka.

KopdarSMG bukan kelas yang menginspirasi dan memiliki guru yang bisa berbagi. Merekalah, orang-orang yang tidak ingin tampil tapi mau berusaha untuk sesuatu yang diyakini dengan tujuan lebih baik. Merekalah, guru yang terbaik di setiap acara kopdarSMG.

Cerita mereka, semangat mereka, dan pengalaman mereka patutlah kita ketahui dan kembali menceritakan kisah mereka lewat blog ini. Dan tentu tujuan awal Kopdar adalah mempererat persaudaraan dan menjaga tali silaturahmi.

Terimakasih semua.

Salam blogger

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkenalan dengan Istilah Cinephile

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh