Pertama Kali Mengunjungi Binus University Semarang


Hari pertama bulan Agustus yang jatuh pada hari Sabtu, saya berkesempatan mengunjungi Binus University Semarang yang terletak di Gedung BPD Jateng (sebelah Balaikota) jalan Pemuda, lantai 3. Suasananya terlihat minimalis dengan perpaduan warna yang mencolok mata.


Saya sedang mengikuti acara yang diberi nama Open House jam 10 pagi. Pihak Binus mengajak komunitas Buka Lapak Semarang untuk berkunjung, silaturahmi, diskusi dan tentu promosi di ruangan yang mungkin bisa dikatakan ini kelas mahasiswa (tempat duduk yang begitu khas).

Yang hadir kurang lebih 15 orang dan hampi 98% dari komunitas Buka Lapak. Saya sendiri? Kebenaran hadir dan diberitahu sebelumnya oleh salah satu bos BL untuk datang. Jadi saya hanya mewakili diri saya sendiri yaitu blogger.

Pertama kali

Sebagai blogger, ini adalah kali pertama saya datang kesini. Sangat mudah untuk menemukan lokasi ini bila paham ancer-ancernya (Gedung BPD) dan lantai 3. Naik lift sebentar, langsung bertemu dengan pemandangan kaca besar dengan warna orange yang bertuliskan disana Binus University.

Warna orange memang mendominasi saat pertama masuk, namun ada warna hijau sebelah kirinya dengan beberapa meja dan kursi yang terlihat minimalis. Plus beberapa majalah yang dibuat khusus dari Binus.

Kuliah Online

Ternyata selain Universitas Terbuka yang menyediakan kuliah online ada juga Binus University yang juga sama. Meski begitu, Binus yang memiliki lebih dari belasan cabang di Indonesia mengklaim lebih baik dari UT sebenarnya.

Obrolan diskusi yang memang mengarah ke bagian promosi saat acara dimulai. Hanya ada 2 jurusan yang saat ini bisa diambil di Binus. Ada Sistem Informasi dan Manajemen.

Meski namanya online, tetap saja tidak mudah. Semisal ada tugas yang harus dikerjakan dengan durasi waktu seminggu yah tetap harus semiggu. Bedanya? Ngerjainnya mau pagi, malam atau subuh terserah yang kuliah.

Selain itu pertemuan tatap muka ada juga dengan menggunakan video conference. Jadi kalau mau kuliah online, Binus mungkin jadi alternatif.

Fungsinya Binus University di Semarang?

Sebagai kantor perpanjangan, bisa dibilang begitu. Kalau mau daftar bisa disini. Kemudian untuk pertemuan dengan video conference bisa disini juga. Saat melihat lab komputernya sudah banyak dan terintegrasi Internet. Jadi masalah kuota sebenarnya tidak akan jadi masalah.

Meski dilakukan dengan cara online, kantor disini memiliki beberapa staf atau karyawan yang siap melayani selain pendaftaran.

Komunitas Buka Lapak Semarang

Terimakasih buat Om Jeep atas undangannya mengajak saya. Beberapa kali melihat pergerakan komunitas BL di Semarang cukup menarik. Mungkin karena yang pegang juga orang yang biasa berkecimpung komunitas, jadinya paham dengan alurnya.

Saat ini diantara situs jual beli online di Indonesia, yang benar-benar terlihat pergerakan komunitasnya secara offline khusus Semarang, baru BL Semarang. Meski tahun ini juga pernah ikutan Tokopedia, namun saya belum melihat gerakan mereka. Semoga ada, cuma saya saja kurang update.

...

Melihat gerakan pendidikan yang sudah menggunakan pembelajaran Online tentu ini sangat menarik. Tidak terbatas waktu, tempat dan bahkan umur. Biaya yang dikeluarkan juga dipermudah dan diperingan tentunya.

Binus Univeristy yang berpusat di Jakarta tentu sudah menjadi model saat ini di Indonesia. Cara yang dilakukan dengan menggandeng komunitas dari sekedar bersilaturahmi dan menyampaikan keberadaan mereka harus saya akui membuat saya mengerti bahwa di Semarang ada lho, mereka.

Selain ini pertama kali mengunjungi Binus, ini juga pertama kali melihat lembaga pendidikan mencoba masuk ke ranah komunitas. Harapannya tentu dapat bersinergi dan saling bekerjasama.

Sukses buat semuanya dan terimakasih atas undangannya. Ulasan lain nanti saya taruh di website dotsemarang.

Salam blogger

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Maksimalkan Internet Indosat Ketika 4G Lelet