Selain Update Blog, Ini yang dilakukan Bloger


[Artikel 70#, kategori blogger] Menjadi bloger itu mudah, tentu begitu faktanya. Karena hanya mengupdate blognya kemudian sudah. Sama seperti kamu mengupdate postingan di media sosial semacam Twitter dan lainnya. Tidak butuh waktu lama, bukan? Tapi mengapa bagi sebagian orang yang mengaku bloger terkadang ngeblog aja seperti tidak ada waktu? Saya ingin menceritakan sisi lain bloger dari diri saya sendiri, silahkan disimak.

Kamu yang baru mengenal dunia blogging, beberapa bulan atau 1 tahun belakangan, terkadang sudah luluh lantah dengan yang namanya konsisten. Tak apa, banyak blogger profesional pun mengalami hal demikian.

Tapi bagi saya yang menganggap ngeblog tak sekedar hobi lagi melainkan sebuah pekerjaan, ngeblog itu banyak menyita waktu. Bukan soal tulisannya yang setelah selesai dipublish kemudian selesai. Bukan-bukan. 

Seorang bloger profesional yang menganggap ngeblog sebuah pekerjaan, maka ia harus berpikir sebagai seorang pekerja juga. Durasi waktu standar orang bekerja di Indonesia adalah 8 jam, maka terkadang seorang profesional mematok waktu mengikuti ritme yang sudah dibuat standar tersebut. Meski ada beberapa negara yang mematok standar bekerja hanya 5 jam.

Manajer media sosial / Social media marketing

Seorang bloger yang menganggap ngeblog adalah hobi dan sampingan, berarti ia punya pekerjaan utama. Semisal saja, ia bekerja sebagai orang kantoran. Maka, ini berbeda dengan nantinya yang ingin saya ceritakan.

Saya pernah mengulas tentang pekerjaan manajer media sosial di sini. Inilah yang dilakukan bloger setelah usai mengupdate blog-blognya menurut apa yang saya lakuin. 

Manajer media sosial adalah sebuah pekerjaan yang bayarannya lumayan besar bila kamu bekerja di perusahaan besar juga. Tapi kalau bekerja sendiri, tak ada yang membayar tentunya.

Pekerjaannya adalah mendistribusikan konten yang sudah diupdate, baik konten lama maupun baru. Ia harus membuat jadwal di media sosial tiap hari, minggu dan bahkan bulanan.

Ia harus mengupload berbagai bentuk variasi konten seperti gambar buat Instagram, video di Youtube, teks dan image di Twitter serta lainnya.

Ia harus memantau perkembangan followers, menjaga tetap online, selalu aktiv di berbagai kanal, terus belajar tentang media sosial, menerapkan strategi marketing dan masih banyak lagi. 

Semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Makanya menjadi bloger profesional tidak sekedar diukur dari domain saja, ia harus membuat waktunya seminimal mungkin tidak terbuang karena saking banyaknya pekerjaan yang dilakukan. 

Jadi jangan heran, melihat bloger seolah santai dan tanpa beban. Padahal mereka sudah bekerja berat dengan banyak mengurangi beban-beban yang diambilnya. 

..

Tentang Manajer media sosial atau social media marketing, saya punya konten menarik yang akan saya update di blog ini. Sekalian nambah-nambah konten buat kategori media sosial.

Sedangkan apa yang dilakukan bloger lainnya, masih banyak tentunya. Pelan-pelan nanti saya update. Siapa tahu tertarik. Dan semua itu adalah hal-hal yang berhubungan dengan saya. Jadi jangan samakan dengan aktivitas bloger lain, nanti pasti berbeda.

*Untuk blog pribadi saya ini, saya tidak begitu banyak melakukan promosi seperti blog dotsemarang. Ini karena blog pribadi saya dibuat hanya untuk konsumsi pribadi. Bila kamu nyasar ke sini, berarti blog ini setidaknya berguna, itu saja.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Film Pengabdi Setan