Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Tahun ke-13 dotsemarang, Sebuah Warisan

[Artikel 156#, kategori dotsemarang] Tanggal 3.3.23, ini bukan promo market place. Ini tanggal resmi nama dotsemarang mengudara yang tahun ini berusia 13 tahun. Tak pernah lelah saya bercerita dan menjaga nama ini. Setidaknya, ada orang di muka bumi ini yang mengingatnya.

Beberapa hari sebelumnya, saya menulis tentang ulang tahun komunitas bloger perempuan Semarang yang tahun ini berusia 8 tahun. Mereka merayakannya dengan sebuah acara dan ditutup pesta ala ulang tahun, saya melihatnya di stories mereka.

Iri rasanya melihat kebersamaan mereka. Masa kalah sama emak-emak? Jangan menggelitik begitu. Setidaknya, tulisan saya adalah dukungan kepada mereka. Saya tidak ingin mereka seperti dotsemarang yang hanya sebuah nama untuk dikenang saja. 

Warisan

Entah kenapa angka 13 seperti mengkhawatirkan. Banyak hal tabu yang apabila dicari di mesin pencari, angka tersebut dianggap sial. Saya tidak berharap, perjalanan dotsemarang di usianya sekarang mengalami kesialan.

Baik, lupakan. Mari bicara apa yang sudah diberikan dotsemarang kepada orang-orangnya. Setidaknya itu bukan kekayaan atau harta warisan.

Warisan pertama yang diberikan adalah mentalitas. Tidak pernah terbayangkan, di usia muda saya yang harusnya foya-foya, saya dan lainnya harus keluar kota demi tujuan bersama.

Bertemu beragam orang yang sama sekali tidak kami kenal. Mengunjungi kantor berita, bertemu artis, menginap di stasiun kereta dan masih banyak lagi. Dunia terasa luas sekali waktu itu.

Pemuda biasa yang mencoba mengalahkan keterbatasannya. Berjuang sekuat tenaga hanya untuk menyisihkan waktu dan harta.

Berikutnya adalah wawasan. Bagaimana rasanya dunia bekerja? Saya merasakan betul saat pernah membawa adek kandung saya mengikuti kegiatan yang saya lakukan.

Andai saja dia tidak berpartisipasi saat itu, mungkin dia adalah anak yang lugu. Berjuang hidup tanpa berpikir bagaimana dunia terus bekerja.

Sama juga dengan orang-orang dotsemarang saat itu. Tidak pernah terbayang oleh mereka harus merasakan seperti apa rasanya bekerja sama dengan instansi, belajar hobi lain demi membantu komunitas hingga merancang sesuatu yang dianggap masa depan.

Banyak pengalaman yang didapatkan yang tanpa sadar itu adalah hasil yang didapat dari bersama dotsemarang. Semua itu adalah warisan yang bisa dibanggakan sekarang.

Sebuah penghormatan

Sayangnya di tengah peringatan usia ini, saya dikabarkan beberapa orang tentang seseorang yang akhirnya berpulang. Seseorang yang saya hormati dan saya anggap penasehat kami (dotsemarang).

Orang yang baik, memberi masukan dan memiliki wawasan meski dengan keterbatasan. Keterbatasan di sini maksudnya saat berkegiatan dengan dotsemarang, kami harus izin dengan orang tuanya. Anak perempuan dan anak pertama, keluarganya sangat menyayanginya. 

Terima kasih, ya mbak. Tenang di sana dan dimaafkan segala kesalahan dan dosa-dosa di dunia. Maafkan saya belum bisa membawa dotsemarang lebih baik hingga sekarang.

...

Ritual pergantian tahun masih berlanjut dengan penggantian warna branding dotsemarang. Tahun 2023, saya mengubahnya menjadi merah yang sebenarnya berharap itu adalah warna Viva Magenta. Tentang branding warna ini bisa dibaca di sini.

Tahun 2023 adalah perjalanan baru, semangat haru dan semoga semua baik-baik saja. Tidak ada kue untuk merayakannya. Tidak ada ucapan selamat untuknya. Setidaknya, nama dotsemarang masih mengudara hingga sekarang.

📝 dotsemarang lahir tanggal 3 Maret 2010.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Jab Harry Met Sejal, Film India Tentang Pria yang Berprofesi Sebagai Pemandu Wisata

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun