Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Target Views Bulanan Blog dotsemarang Tahun 2024, Berharap Konsisten di Angka 20 Ribu

[Artikel 160#, kategori dotsemarang] Saya tidak menyangka tahun lalu, 2023, kembali merasakan angka 30 ribuan dari blog dotsemarang. Seharusnya itu adalah motivasi. Namun saat menyongsing tahun 2024, saya harus bersikap realistis di tengah gempuran media online yang bertumbuh di Ibu Kota Jawa Tengah.

Angka 20 ribu seharusnya bisa tercapai dan terasa mudah jika melihat pencapaian tahun lalu. Namun entah kenapa saya sedikit pesimis kali ini. Terutama konten lokal yang terasa penuh sesak oleh media-media. Padahal belum lagi akun-akun media sosial yang juga pertumbuhannya luar biasa.

Keputusan yang dibuat

Ini hanyalah sebuah target demi membuat akal dan tubuh saya tetap sehat. Mau dipaksakan juga, kondisinya tidak seperti dulu. Dari sisi umur, fasilitas kendaraan hingga minimnya pendapatan. Kalau boleh jujur, penghasilan yang saya dapatkan dari blog tidak dapat diandalkan.

Sudah adsense! Tapi, itu juga hasilnya kurang maksimal. Sudah lebih dari 2 tahun belakangan angka pendapatannya terus melorot. Dalam satu bulan pun terkadang hanya mendapatkan 10 ribu rupiah.

Keputusan ini sudah saya buat. Saya hanya perlu komit dan melakukannya seperti biasanya. Jika akhirnya angkanya tidak tercapai, yasudahlah. Tidak perlu diambil pusing. Yang penting blog dotsemarang tetap posting.

Tantangan 2024

Jika masalah diri sendiri adalah konsisten, maka saya sedang berada di jalur yang super terjal. Ini berbeda dengan 5 tahun ke belakang. Dinamikanya benar-benar berubah drastis.

Ada satu momen saat diundang oleh sebuah acara, yang hadir wajah-wajahnya masih familiar. Namun media dan wartawannya bertambah. Bayangkan, saya satu-satunya bloger yang masih menggunakan blogspot di sana.

Sedangkan yang lain, selain media lokal kecil maupun besar, ada media nasional seperti detik, net, antv, dan lainnya yang sudah familiar bagi masyarakat.

Lalu, arah pemasaran juga berubah. Dulu saya bisa hadir beberapa acara dalam satu hari. Sekarang, hampir 1 bulan tidak ada panitia atau agensi yang ngundang saya. Acara di Kota Semarang sangat banyak, tapi sepertinya semakin selektif.

Jika media nasional dan media lokal yang juga terus bertambah adalah jalan terjal, maka tantangan lainnya adalah content creator yang bersembunyi dibalik pemilik akun Instgram, TikTok maupun YouTube.

Mereka bukan saja semakin banyak, tapi juga punya nilai jual. Ketika itu menjadi standar, maka akun-akun seperti dotsemarang sudah tidak dibutuhkan meski jumlah pengikutnya termasuk besar. Meski feedback-nya nggak bagus. 😅

...

Perjalanan tahun 2024 masih panjang. Saya harap dengan target 20 ribu dalam sebulan, blog dotsemarang lebih konsisten dan termotivasi. Karena bila melebihi target, itu adalah bonus yang harus dirayakan.

Terima kasih buat yang sudah mampir ke halaman ini atau ke blog dotsemarang.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Jab Harry Met Sejal, Film India Tentang Pria yang Berprofesi Sebagai Pemandu Wisata

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun