Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Halo April 2024

[Artikel 133#, kategori catatan] Alhamdulillah tubuh saya sehat saja saat menyapa awal bulan April yang kebenaran hujan mengguyur Kota Semarang. Ini juga menjawab pertanyaan dari bulan yang sama tapi dari tahun lalu (2023). Terima kasih kepada diri saya sendiri.

Bulan April, rumah lebih ramai dari biasanya. Maklum, penghuni rumah sebenarnya sudah datang. Agenda besar mereka tidak sekedar lebaran saja bersama cucu dan menantu, tapi juga ada acara pernikahan dari keluarga lain nantinya usai lebaran.

Berubah 180 derajat

Kedatangan keluarga atau pemilik rumah mengubah suasana dapur, terutama meja makan. Selama puasa, saya makan apa adanya. Mulai dari mie bungkus, keju pakai nasi dan lainnya.

Sekarang, makanan yang saya makan terasa mewah. Kadang ada ayam goreng, telur hingga daging yang dibawa oleh penghuni rumah.

Saya beruntung memang tinggal di tempat mereka. Meski sisi lainnya merasa kurang nyaman karena terlalu ramai. Bukan tidak senang bahwa mereka datang, tapi lebih ke diri saya yang sudah berumur 37 tahun yang menyukai kesunyiaan. Itu saja.

Seiring bertambahnya umur dan berstatus single, perasaan saya semakin sensitif. Jadinya ketenangan adalah cara saya memanjakan pikiran agar tidak stress.

Gagal berpuasa

Meski akhirnya saya tidak menderita lagi karena makanan di meja makan yang terasa mewah, ibadah puasa saya malah sebaliknya. Saya bingung sendiri, mengapa gagal berpuasa usai mereka datang.

Saya tidak melihat lagi makna puasa yang saya cari. Apalagi pekerjaan di rumah yang tanpa sadar menuntut sempurna.

Gimana mau punya jodoh dan rejeki lancar, jika kewajiban sama Tuhannya saja dilanggar. Saya memang pantas menerima label seorang muslim yang tidak kompeten.

...

Sama seperti bulan April tahun 2023, saya masih harus menyelesaikan hutang yang belum dibayar dari aplikasi peminjaman online meski yang sebelumnya sudah lunas. Mau gimana lagi saat gali lubang tutup lubang begitu terasa sekali.

Hai, April 2025. Saya harap kamu kembali menyapa saya dan semoga hutang-hutangnya sudah lunas. Ingat misimu untuk menikah di usia 40 dan punya tabungan yang sewaktu-waktu digunakan saat ada kebutuhan mendesak dan penting.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Mengenal Istilah Jam Kerja Hotel; Split atau Double Shift