10 Ribu Jam, Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang yang Ahli



Sebenarnya saya pernah membaca artikel 10 ribu jam, entahlah mengapa saya lupa. Dan tiba-tiba, kebenaran sekali, saya diingatkan kembali tentang 10 ribu jam yang diceritakan mas Siwo hari minggu kemarin. Inilah setidaknya sudut pandang yang seharusnya memberi semangat kepada setiap orang.

Ternyata menjadi seorang ahli atau profesional itu tidak mudah. Namun dengan mengetahui ini, saya jadi tahu sebuah ukuran tentang arah yang benar menjadi ahli. Agak lama sih bila harus menunggu waktu tersebut, setidaknya kita tahu dahulu saja.

10 ribu jam

Semisal saya ngeblog dari tahun 2008 dan serius menggeluti lewat dotsemarang tahun 2010. Anggap saja tahun dotsemarang. Waktu yang dibutuhkan dalam sehari untuk menulis blog adalah 4 jam. Itu serius, yang lain biar aja.

1 hari 4 jam bila 1 tahun berapa kira-kira? 1.460 jam (1 tahun = 365 hari kemudian dikalikan 4 jam).
Lalu dihitung lagi, 10 ribu jam dibagi 1.460? Hasilnya 6,8 sekian sekian atau dibulatkan 7 tahun.
Jadi bila ingin dotsemarang dianggap ahli atau keren, itu harus melewati 7 tahun. Sedangkan tahun ini baru memasuki tahun keempat. OMG. Itu masih lama.

Siapa saja yang melewati 10 ribu jam

Akhirnya saya menemukan cerita lengkap yang dikatakan Om Siwo pada waktu kelas Akber kemarin. Yang sudah melewatinya adalah nama-nama besar seperti Mozart, The Beatles, Bill Gates, Bobby Fisher (ahli catur) dan sebagainya.

Nama-nama diatas telah melewati 10 ribu jam dan bahkan ada yang lebih dari 10 tahun untuk disebut ahli dibidangnya masing-masing. Cerita tentang mereka bisa dibaca juga DISINI.

Kalau kamu tahu, ini bisa diterapkan kepada adik dan anakmu

Ini menarik bila kita mengetahui konsep 10 ribu jam. Apalagi mereka yang sudah memiliki anak dari pernikahannya. Adik, walah adik saya besar-besar mungkin telat tapi tak apalah jika mereka sadar dengan artikel ini.

Intinya ini digunakan buat yang masih kecil, mau sudah TK, SD atau SMP. Mereka mau diarahkan kemana. Ahli apa, olahraga, musik, sains dan sebagainya.

Semisal piano. Buat aja seharinya 2 jam buat ia mau ngeles piano. Bila umurnya 8 tahun, bisa dihitung berapa tahun kedepan untuk membuatnya menjadi ahli. 14 tahun dibulatkan dan itulah waktu kira-kira yang ia butuhkan.

8 tahun ditambah 14 tahun, berarti ia menjadi ahli sekitar umur 22 tahun. Wow, sudah besar dan masuk bangku kuliah rasanya. Bisa dibayangkan?

Tapi kita harus sadar bahwa manusia itu cepat bosan. Menjaganya agar tidak bosan itu sesuatu yang tidak kalah sulitnya menjaga konsistensinya. Mau bagaimana lagi semisal itu terjadi.

...

Tentang 10 ribu jam menjadi sebuah penelitian menarik oleh mereka. Baca artikelnya disini. Bila sudah tahu gambaran ini setidaknya kita bisa memprediksi berapa tahun lagi kita bisa disebut ahli.

Dan tentunya rasa bosan juga akan menyertai. Semoga bisa menjaganya. Ah, lelah juga untuk menunggu waktu itu. Semoga bermanfaat. Terimakasih buat mas Siwo yang memberi ilmu ini kepada mereka dan saya yang ikutan acara kemarin.

Salam blogger




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Film Pengabdi Setan