Jalan Kaki Itu Buat Orang Berpikir Lebih Kreatif



Pagi ini lagi malas keluar rumah. Ritual rutin, olahraga berjalan kaki di halaman Masjid Agung Jawa Tengah. Butuh waktu hanya 30 menit dan 3 kali putaran, biasanya, itu sudah cukup menghabiskan ratusan lebih kalori di tubuh. Manfaatnya??


Akhirnya semalam Semarang hujan juga. Meski hujan lewat. Meski begitu sangat deras juga sehingga aktivitas nyiram rumput bisa libur juga akhirnya.

Ngomongin soal olahraga jalan kaki, saya selalu mengikuti perkembangannya memang. Mau gimana lagi, jalan kaki itu mudah dan gak ribet. Tapi entahlah, masih banyak orang meremehkan olahraga tersebut. Olahraga jalan kaki dengan jalan kaki karena rutinitas semisal berangkat kerja itu tetap beda hasilnya.

Jalan kaki bikin orang berpikir lebih kreatif

Artikel ini mungkin sangat tepat rasanya untuk memberi stimulan kepada kalian yang masih malas berjalan kaki. Artikel yang dimuat dari website intisari online ini diposting pada tanggal 28 April 2014, nah ...

Sebuah hasil penelitian menunjukkan, jalan kaki bikin orang berpikir lebih kreatif, daripada hanya duduk. Anehnya, penyebabnya bukan karena seseorang berada di luar, melainkan karena jalan kaki itu sendiri.

“Banyak anekdot berbunyi: orang menemukan pemikiran yang terbaik saat berjalan. Dengan studi ini, kita mungkin akhirnya menemukan sebuah alasan,” kata Dr Marily Oppezzo, peneliti dari Santa Clara University, California.

Dr Oppezzo melakukan serangkaian percobaan. Dia melakukan tes kreativitas terhadap responden, seperti bermain kata-kata sambil jalan kaki dan duduk. Dalam satu eksperimen, para responden menemukan ide dua kali lebih banyak saat berjalan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology: Learning , Memory and Cognition juga mengungkapkan, berjalan kaki lebih penting daripada hanya berada di luar ruangan.

Responden yang berjalan kaki bisa mendatangkan ide lebih banyak daripada responden yang hanya duduk di dalam atau di luar ruangan.

“Berada di luar ruangan memang memiliki banyak manfaat kognitif, tapi berjalan kaki tampaknya memiliki manfaat yang sangat spesifik untuk meningkatkan kreativitas.”

...

Ini merupakan salah satu manfaat jalan kaki. Luangkan sejenak lah bila tiba-tiba kekurangan ide atau kreativitas. Kali aja berguna buat yang belum mencoba.

Saya melakukannya dan terkadang ide-ide buat postingan blog lahir disini. Bahkan bila harus menulis sambil berjalan, ponsel saya terpaksa saya gunain. Peduli amat melihat orang melihat ke arah saya :)

Postingan terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Maksimalkan Internet Indosat Ketika 4G Lelet