Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Target Posting Blog dotsemarang : Minimal 2 Kali Sehari


[Artikel 79#, kategori dotsemarang] Saya sedikit mendorong dotsemarang lebih keras terkait postingan per hari dari biasanya 1 hari 1 kali, kini menjadi 1 hari 2 kali. Tidak mudah sebenarnya, tapi saya akan berusaha untuk ini. Saya ingin lebih baik dari tahun kemarin.

Saya jadi geli sendiri ketika ada pertanyaan seseorang yang bertanya pada timeline tentang berapa kali posting blog. Jawaban saya yang mengatakan 1 hari 1 posting dijawab seperti koran yang terbit setiap hari.

Mudah memang mengatakan persamaan itu dengan koran, dan saya harap orang itu tidak menjawab dengan nada meremehkan serta tertawa.

Nulis blog 1 hari itu susah

dotsemarang lahir ketika koran terbesar di Semarang masih menguasai dan beberapa bloger masih bekerja di sana. Waktu itu dotsemarang masih menggunakan platform blogdetik dan kemudian bertransformasi menjadi media online dengan domain kerennya dotcom.

Cara menyajikan konten sudah dilakukan 1 hari 1 posting di awal-awal, meski itu lebih sisi saya sendiri sebelum dotsemarang hadir di Ibu Kota Jawa Tengah.

Saya melakukan jadwal ngeblog dengan berbagai macam kategori yang saya tulis di kertas lalu ditempel di belakang pintu. Begitu sejarahnya saya bisa update blog setiap hari.

Lalu, ketika saya buntu dan sulit menulis, apakah saya masih memaksa update? Tidak. Normal pada umumnya seorang bloger yang akhirnya menyerah dan bersenang-senang dengan waktu. Saya juga kesulitan ketika itu datang.

2 posting dalam 1 hari

Kini saya menantang diri saya untuk menulis 2 tulisan dalam 1 hari di blog dotsemarang. Itu juga belum di blog pribadi ini yang kadang saya akali ketika kehilangan momentum.

Apa yang saya lakukan ini bertujuan untuk melepaskan draft yang sudah tersimpan di kepala. Saya memang akan bersaing dengan media online lainnya, tapi mereka bukan saingan saya.

dotsemarang hanya berbicara dari apa yang ia baca, lihat, dan suka. Menahan diri satu posting sehari, membuat banyak ide postingan akhirnya terbelengkalai dan malas dipublish. Ini masalah menurut saya.

Dengan mentargetkan lebih banyak, tahun ini membuat saya benar-benar lebih serius menjadi bloger. Saya bukan bloger mahal yang menulis suka-suka dan mendapat feel baru menulis. Saya bukan bloger keren yang menulis ketika mendapatkan konten.

Apa yang saya lakuin ini hanyalah buah dari apa yang saya kerjakan selama ini. Dan menambah beban tahun ini adalah untuk memberikan tekanan apakah saya mampu atau tidak, itu saja. Ibarat seorang atlet, kalau latihannya itu-itu aja, pasti tidak meningkat.

...

Beberapa hari ini, saya berhasil menjalankan target tersebut di blog dotsemarang. Meski begitu, saya juga tumbang di hari tertentu yang benar-benar sulit karena kedatangan keluarga beberapa hari.

Saya berharap, motivasi saya ini bukan berarti meremehkan atau malah saya diremehkan. Saya berpikir bahwa saya bisa, kamu juga bisa. Di dunia ini, ada yang lebih gila dari saya. Kamu hanya perlu mencontoh yang baik dan mengatakan bahwa model seperti ini ada.

Kamu harus termotivasi juga dan menemukan cara agar dapat melakukannya. Bila kamu hanya menulis 1 kali dalam seminggu, maka konsistenlah di sana. Dan seterusnya. Konsisten itu penting dan itu membuat kamu bernilai dari yang lain.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berkenalan dengan Istilah Cinephile

Jalebi, Film India Tentang Indahnya Cinta Bila Bisa Melepaskannya