Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Membuat Video Untuk Instagram TV


[Artikel 16#, kategori Instagram] Semenjak Instagram meluncurkan platform berbasis video dengan durasi panjang, banyak orang berlomba-lomba menyajikan konten di sana. Termasuk saya, apakah kamu sudah melihatnya?

Saat saya berpikir tentang kelebihan dan bagaimana cara membuat untuk mengikuti tren, saya sudah berhadapan dengan orang yang skeptis tentang perkembangan video vertikal yang dibawa Instagram.

Apakah bioskop bisa nonton video vertikal?

Bioskop? Tidak, kenapa sudah jauh banget mikirnya ke sana. Masa depan tidak ada yang bisa tahu. Bisa jadi kalau tren ini menarik, ada perubahan yang akan terjadi. Namun sementara itu, sebaiknya kita melihat yang di depan mata kita saja dulu.

Durasi panjang, saya masih belum sanggup

Hingga tulisan ini saya buat, video yang saya unggah di Instagram TV atau IGTV sudah ada 5 unggahan. Semua videonya belum ada yang berdurasi di atas 5 menit. 

Instagram sebenarnya menjanjikan kepada penggunanya bahwa durasi unggahan video di platform baru mereka bisa lebih dari 10 menit hingga 1 jam.

Sesuatu yang tidak didapatkan selama ini di Instagram untuk posting video yang dibatasi hanya 1 menit. Saya melihatnya, untuk pengguna seperti saya durasi di atas 5 menit kalau kurang menarik itu bakal sulit bertahan menontonnya.

Tapi jangan berhenti di sana, karena saya tahu bahwa pengguna yang memikirkan audience atau pengikutnya memiliki basis penonton yang berbeda. Terutama penonton dari generasi Z dan milenial. Sebaiknya memikirkan ini juga.

Ukuran video yang sangat besar

Ketika mendengar warga netizen bicara kuota yang bakal tersedot untuk membuat posting di IGTV, saya sedikit tersenyum. Karena Youtube juga tak kalah sangar bila kamu tahu jumlah ukurannya yang memiliki kualitas HD.

Sebagai konten kreator, mereka tak berpikir jauh tentang berapa banyak jumlah ukurannya. Namun mereka lebih berpikir bagaimana menyajikan konten yang menarik kamu untuk memberikan keuntungan bagi mereka (baca view).

Memaksakan aturan

Mengejutkan memang saat melihat video berdimensi 16:9 masih dimasukkan atau ukuran lain yang juga dipaksakan agar tampil di IG TV.

Padahal platform video milik Instagram tersebut dibuat untuk memberikan sudut pandang baru tentang video vertikal yang sebenarnya mewadahi mata pengguna yang sudah sangat terbiasa memegang ukurang ponsel mereka dengan cara vertikal.

Ya, seperti memaksakan aturan yang seolah biasa dibuat untuk dilanggar. Bukan hanya pengguna, beberapa brand atau perusahaan juga melakukannya. 

Saya pikir, Instagram akan terus bekerja keras memberi edukasi kepada penggunanya. Begini lho platform yang mereka buat untuk menampung konten berdimensi vertikal.

..

Saya masih terus berusaha mencoba di sana (IGTV) dengan berbagai konten yang saya tahu. Beberapa keterbatasan memang menjadi penghalang terbesar, seperti koneksi salah satunya.

Meski begitu, saya tetap menyukai IGTV saat ini. Bagaimana dengan tren masa depan, apakah akan dibawa dalam sebuah pertunjukkan semacam bioskop? Saya belum memikirkan jauh ke sana.

Artikel terkait :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh

Berkenalan dengan Istilah Cinephile