Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Generasi Millenial : Lebih Suka Sewa Ketimbang Beli Mobil atau Rumah


[Ini adalah artikel ke-8 kategori generasi] Tiba-tiba saya berpikir tentang rencana membeli mobil. Ternyata merawatnya itu mahal untuk ukuran kantong seperti saya. Belum bayar pajaknya, rawat runtin dan sebagainya. Apakah cuma saya yang berpikir ke sana?

Saya baru mendapatkan artikel yang sesuai dengan pemikiran saya beberapa waktu belakangan. Membeli mobil untuk kebutuhan rumah tangga itu memang sangat baik, apalagi melihat keluarga yang naik motor begitu menakutkan. 

Lalu, kemarin juga saya melihat banyak iklan penawaran rumah dengan angsuran. Entah, apa yang saya pikirkan tentang rumah tangga, lawong jodohnya belum ada.

Artikel yang saya maksud di sini berasal dari website favorit yaitu Intisari. Ternyata, sebuah penelitian generasi seperti saya yang berumur 30 tahun ke atas, jarang membeli rumah dan bahkan lebih jarang lagi membeli mobil. Bahkan, mereka tidak membeli barang super mahal sama sekali. Di Amerika Serikat, orang di bawah usia 35 disebut 'generasi penyewa.'

Mengapa hal ini terjadi?

*Dari bawah ini hingga titik tiga, artikelnya merupakan copas dari artikel originalnya yang dapat Anda temukan di sini.

Beberapa sosiolog mengatakan itu karena anak-anak modern pernah menderita krisis keuangan. Itu sebabnya mereka takut mengambil pinjaman yang 'serius'.

*Jujur, itu benar menurut saya.

Tapi itu bukanlah alasan yang utama. Masalahnya adalah, generasi Y berbeda dari generasi orangtua mereka. Mereka memiliki nilai-nilai lain.

Pemuda hari ini telah menyusun kembali konsep keberhasilan, yang berarti:

* Orang-orang sukses tidak membeli properti - mereka sewa.

* Jika Anda ingin dianggap sukses, berinvestasi dalam pengalaman: wisata, melakukan olahraga ekstrim, membangun startups.

Intinya adalah bahwa mereka tidak ingin kemakmuran dan stabilitas - semua yang mereka inginkan adalah jadwal yang fleksibel dan kemandirian finansial dan geografis.

Orang tidak tertarik pada segala hal terkait materi

Mengapa memiliki mobil jika Anda bisa naik taksi? Ini hampir seperti mobil pribadi dengan sopir. Dan itu tidak lebih mahal daripada memiliki mobil sendiri. Mengapa membeli rumah di tempat yang indah dan pergi ke sana untuk liburan, jika Anda dapat menemukan tempat tinggal melalui Airbnb di setiap sudut planet ini? Anda tidak perlu membayar lebih untuk menyewa atau membeli properti di negara Anda cintai. Hal yang sama dengan real estate di kota Anda:

* Anda tidak tahu berapa lama Anda akan tinggal di suatu tempat.
* Anda dapat mengambil pinjaman rumah selama 40 tahun, atau Anda dapat menerima kenyataan bahwa Anda akan menghabiskan seluruh hidup Anda di tempat yang disewa.
* Anda mungkin akan mengubah pekerjaan Anda dalam beberapa tahun ke depan. Jika Anda menyewa, tidak ada yang dapat mencegah Anda untuk mencari hunian yang lebih dekat ke kantor.
Menurut Forbes, orang-orang muda yang modern mengubah pekerjaan setiap tiga tahun rata-rata.

Konsep kepemilikan tidak lagi relevan

James Hamblin, kolumnis The Atlantic, menjelaskan fenomena tersebut sebagai berikut: 'Selama satu dekade terakhir, psikolog melakukan sejumlah besar penelitian yang membuktikan bahwa, dalam hal kebahagiaan dan rasa kesejahteraan, menghabiskan uang untuk pengalaman baru jauh lebih menguntungkan daripada membeli hal-hal baru. Ini membawa sukacita. "

Pengalaman membantu kami bertemu teman

Interaksi sosial antara orang-orang penting, tidak peduli mereka merasa bahagia atau tidak. Berbicara dengan orang lain dan memiliki banyak teman membuat Anda menjadi orang yang lebih bahagia. Obrolan dengan teman akan dirasa jauh lebih menyenangkan jika menyangkut pengalaman satu tahun tinggal di negara liar di banding cerita tentang keberhasilan membeli beberapa apartemen. 

Berikut adalah kutipan dari artikel Hamblin:

'Ternyata orang tidak suka mendengar tentang harta orang lain yang sangat banyak, tetapi mereka lebih suka pengalaman melihat Vampire Weekend.'

Ingat bahwa bahkan pengalaman buruk bisa menjadi cerita yang bagus. Sesuatu yang tidak pernah bisa diberikan oleh materi.

Membeli sesuatu membuat kita khawatir

Ada satu hal lagi. Hal yang kita sendiri, terutama jika mereka sangat mahal, membuat kita khawatir tentang kondisi mereka. Jika Anda membeli mobil, Anda akan bergeming setiap kali alarm seseorang terdengar di luar. Jika Anda membeli rumah dan mengisinya dengan barang-barang mahal, Anda akan takut dirampok.

Belum lagi fakta bahwa mobil dapat tergores atau rusak, dan TV super mahal mungkin harus istirahat setelah satu tahun penggunaan. Tapi tidak ada yang pernah bisa mengambil pengalaman yang Anda miliki.

Setiap pembelian akan turun harga dari waktu ke waktu

Orangtua kita tidak dapat melakukan perjalanan sesering yang kita lakukan. Tidak ada kemungkinan untuk memiliki begitu banyak hal menyenangkan. Mereka tidak memiliki begitu banyak kesempatan untuk memulai bisnis baru. Oleh karena itu, mereka menginvestasikannya dalam bentuk rumah dan mobil, dan generasi Y tidak ingin melakukan itu.

Setelah semua, setiap pembelian, jika tidak rumah atau apartemen, akan terdepresiasi dari waktu ke waktu. Dan jika kita berpikir tentang seberapa cepat properti terdepresiasi selama krisis, maka semuanya menjadi lebih jelas.

"Pengalaman adalah satu-satunya hal yang penting: tidak akan turun harga, dan tidak ada yang bisa mencurinya."

...

Buat saya, artikel ini sangat menarik dan mewakili pemikiran saya yang entah mengapa saya juga bingung, kok mikir beginian.

Saat melihat banyak pria yang sudah berkeluarga sebelum umur 30 dan punya penghasilan, saya juga iri memikirkannya. Apa yang terjadi dengan saya selanjutnya, kelak?

Bila membaca ini, dan mungkin akan terjadi, entah siapa yang bakalan mau duduk dibelakang saya menemani dan bisa mengalihkan dunia saya yang begitu saya gemari saat ini.

Buat Anda, yang nyasar tiba-tiba ke halaman ini. Semoga Anda tidak menjadi bagian dari manusia seperti ini. Lakukan yang terbaik dari sekarang agar tidak menyesal kemudian.

Artikel terkait :

Komentar

  1. kalau saya sih lebih pilih investasi rumah mas.. :) bukan kaum millenials :D

    BalasHapus
  2. Lakukan yang terbaik dari sekarang agar tidak menyesal kemudian.

    jangan sampai ada penyesalan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun