[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh


Ketika melihat trailernya, saya akhirnya memutuskan menonton film ini. Cerita tentang seorang pria yang bekerja sebagai pegawai asuransi yang ditugasin menyelesaikan masalah. Pertemuan dengan pasien yang terbaring koma, menjadi titik cerita ini dimulai. Apalagi saat si pasien yang ditemui menjadi roh yang ingin minta bantuannya. 

Saya sudah mendownloadnya sangat lama. Lebih dari sebulan. Namun baru saya tonton kemarin, beberapa hari. Saya bisa menontonnya juga karna film drama Korea sedang tidak ada yang tayang. Daripada penuhi memori hape, sebaiknya saya tonton dan hapus setelahnya.

Bukan film komedi meski saya berharap begitu

Judul film One Day ternyata punya banyak film. Tapi untuk film yang dirilis 5 April 2017, film ini berasal dari Korea. Pemeran utamanya adalah Kim Nan Gil yang berperan sebagai Lee Kang-soo di film berdurasi 114 menit ini. 

Sedangkan aktris perempuannya diperankan oleh Chun Woo-hee sebagai Dan Mi-so. Diantara deretan pemain One Day, paling familiar hanya wajah pemeran pria utamanya yang sering dilihat di Drama Korea.

Alur cerita yang dibangun beberapa kali dikaitkan dengan masa lalu. Pertemuan keduanya saya pikir akan memberi saya hiburan tersendiri di bulan puasa. Nyatanya malah kebanyakan  rasa haru tentang keadaan keduanya yang memiliki masalah tersendiri.

Pasien yang koma terbaring di rumah sakit adalah perempuan buta. Namun film ini menegaskan bahwa penyebutan buta kurang etis, maka tidak heran beberapa adegan ditekankan bahwa ia tunanetra sebagai bahasa yang baik.

Aktor utama pria menghampirinya di rumah sakit, mengecek beberapa keperluan yang dirasa sangat berguna untuk penyelidikan terkait proses asuransi. Yang saya harapkan saat melihat trailer akan ada banyak adegan lucu, ternyata tidak begitu banyak. 

Keduanya bertemu. Si pria sempat ketakutan dengan apa yang dilihat. Perlahan-lahan, mereka akrab juga dan malah membantu si perempuan menyelesaikan beberapa masalah.

Menyelesaikan beberapa masalah

Saat keduanya mulai sering bertemu dan si pria tak lagi malas membantu, masalah masa lalu si pria muncul. Ia adalah suami yang ditinggal mati oleh istrinya yang punya penyakit. Di awal film, si pria ini malah tidak menghadiri penguburan istrinya.

Dari berbagai kejadian yang dialami si pria dan si perempuan yang menjadi roh, membuat si pria sadar tentang bagaimana rasa bersalah dan memaafkan dirinya sendiri. Banyak kisah haru yang dibalut dengan rasa drama di sini.

Dengan endding yang saya harapakan sebenarnya si perempuan roh tadi bangun dan normal kembali, ternyata tidak. Film ini berakhir melegakan tapi juga dalam suasana haru.

Trailer film One Day 


...

Dengan tema pegawai asuransi, kita bisa melihat bagaimana pekerjaan mereka yang tak mudah dilalui lewati film ini. Beberapa masalah masa lalu dan keinginan yang belum tercapai memberi gambaran bahwa kita harus menyelesaikan dan ikhlas akan sesuatu yang sudah terjadi.

Bukan rekomendasi buat ditonton anak-anak. Namun buat mengisi waktu senggang, film ini lebih nyaman dinikmati oleh orang dewasa. Kalau mau nonton film ini, silahkan cari di mesin pencari dengan kata kunci nonton film One Day Korea 2017.

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini