Alamat Blogspot.com Berubah Menjadi Blogspot.co.id

 

Akhirnya saya terpengaruh juga saat melihat tweetan beberapa blogger di timeline bahwa alamat domain blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id. Dan blog pribadi saya ini juga terkena dampaknya. Ada apa ini?

Setelah google mengubah logonya tanpa sadar pengguna blogspot ikut-ikutan terkena dampaknya. Alamat blog saya yang beralamat http://asmari2.blogspot.com kini menjadi http://asmari2.blogspot.co.id. Dari sisi domain ini menarik tapi bagi sebagian pengguna ada juga yang merasa khawatir.

Domain Indonesia

Domain co.id merupakan domain yang artinya berasal dari Indonesia. Isu blogspot.com menjadi blogspot.co.id ternyata sudah mulai diperbincangkan pada tahun 2012 hingga 2013. Menurut blog strukturkode.blogspot.com, isu tentang berubahnya domain seperti ini sudah dilempar pada tahun yang saya sebut diatas.

Beberapa negara, blogspot.com sudah banyak yang berubah. Seperti Amerika, Jerman juga dari blogspot.com menjadi blogspot.de. Atau di Inggris yang menjadi blogspot.uk. Jadi, nama-nama tersebut mengikuti asal negaranya.

Entahlah mengapa Indonesia baru berganti sekarang. Blog-blog yang saya baca tidak menemukan jawaban pasti termasuk dari googlenya sendiri.

Eksistensi domain Indonesia

Beberapa tahun belakangan, penyedia layanan domain Indonesia terus berupaya mengajak pengguna blog Indonesia untuk pindah ke domain Indonesia. Meski agak ribet dan membayar pada waktu itu awal-awal, saya akhirnya tidak memindahkan nama-nama domain blog saya.

Dengan adanya kasus ini sejak tanggal 3 september dimana berubah blogspot.com menjadi blogspot.co.id, eksistensi domain Indonesia menjadi lebih besar. Sisi lainnya, ini tidak ribet buat saya untuk mengkustom domain.

Pengaruh besarnya

Karena saya menggunakan bukan untuk mencari duit, jadi saya tidak terpengaruh. Yang paling berpengaruh adalah mereka yang memanfaatkan blognya untuk adsense. Coba baca blog DISINI yang ngebahas pengaruhnya lebih detail. Komentarnya juga sangat banyak.

Mereka yang menggunakan untuk ladang uang sebagian besar sangat terpengaruh. Alasannya nama domain mereka yang didaftarkan dengan blogspot.com harus menjadi blogspot.co.id.

...

Salah satu dampak menggunakan platform gratisan seperti inilah dampaknya. Bukan hanya dari platform global saja yang tiba-tiba mengubah domainnya atau lainnya, platform lokal juga sama saja. Malah lebih parah.

Jadi bila ingin punya blog yang tidak ingin diutak-atik, mendingan gunakan blog yang domain berbayar plus hosting sendiri. Sekarang ini sudah banyak kok yang menawarkan berbayar. Untunglah saya punya dotsemarang.com untuk domain berbayar.

Untuk saya sendiri dampak bergantinya domain ini saya menyambutnya dengan positif. Karena saya tinggal di Indonesia ini sudah seharusnya. Apalagi pada akhirnya nama ini didapatkan dengan gratis tanpa ribet.

Tetap semangat ngeblognya, yah!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Film Pengabdi Setan