Fitur Terbaru dotsemarang : Live Event


[Artikel 48#, kategori dotsemarang] Saya terinspirasi dari laman-laman sepakbola yang selalu memberikan update saat pertandingan berlangsung. Live blog, begitu salah satu kicauannya di Twitter. Bahkan, sekelas Manchester United pun turut membuat fitur seperti ini. Semenjak itu saya mencari cara membuat yang sama di blog dotsemarang. Akhirnya..

Saya berhasil mengakali fitur Live Blog yang biasa dilakukan laman-laman sepakbola. Memang caranya berbeda, tapi fungsinya sama. Entah apa yang mereka gunakan, saya? Cuma mengandalkan Twitter dengan mengcopy codenya menjadi widget yang bisa ditaruh di halaman khusus, seperti gambar di atas.

Apa fungsi Live blog atau Live Event tersebut?

Seperti yang saya sebut di atas, kalau buat laman-laman sepakbola, mereka memberikan up to date nya lewat live blog. Dari menit ke menit, hingga pertandingan selesai. Tujuannya, untuk  membuat fans yang tidak dapat menonton, baik tv berbayar, gratis atau malah streaming karena keterbatasan kuota.

Dalam 1 halaman tersebut, para fans bisa fokus pada pertandingan. Ini berbeda dengan saat memantau linimasa, kicauannya kadang terganggu dengan berita update.

Ini pula yang saya terapkan untuk memberi informasi terupdate saat saya berada di lokasi acara. Saya bisa mengabarkan secara live. Untuk membuat itu sempurna, saya membuat akun baru dengan tujuan bisa fokus pada kicauan acara saja.

Kalau menggunakan akun twitter dotsemarang, kadang bisa bercampur dengan tweet terjadwal yang sudah saya atur. Dan juga, mengabarkan sebuah acara tanpa kerjasama, membuat akun saya tidak bernilai dengan jumlah followers yang menjual.

Tidak mengejar followers

Semenjak memutuskan untuk membuat akun baru untuk live event yang bisa dipasang di blog, saya tahu konsekuensinya untuk tidak mencari pengikut sebanyak mungkin.

Yang saya lakukan hanya fokus pada informasi secara langsung. Setelah selesai, saya bisa membuatnya menjadi satu kesatuan dengan bantuan fitur Twitter Moment.

...

Live Event adalah alat bantu yang digunakan dengan mengkombinasikan blog. Fasilitas Twitter yang dapat dibuat nempel pada blog atau widget, sangat membantu saya membuat acara secara live.

Mengapa Twitter? Itu karena mudah digunakan secara mobile, jangkauannya luas saat menggunakan hashtag, dan sederhana. Tertarik membuatnya?

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Manchester United Tour 2017