Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

58 GB, Jumlah Pemakaian Data Internet Bulan Juni 2020


[Artikel 33#, kategori Internet] Semenjak merilis postingan jumlah penggunaan data internet atau kuota bulan Mei yang menghabiskan hingga 63 GB, saya kembali merilis postingan yang kurang lebih sama. Bulan Juni, jumlah data yang saya pakai mencapai 58,35 GB.

Bagaimana saya tahu? Itu smartphone yang mencatatnya. Dan jumlah 58 GB ini hanya berasal dari satu operator, yakni Tri. Jadi jumlah data ini belum termasuk yang lain, seperti nomor lain yang ada di smartphone satunya.

Lebih sedikit

Harus diakui jumlah pemakaian bulan Juni lebih sedikit ketimbang bulan sebelumnya. Apakah saya harus bersyukur? Entahlah, setidaknya ini jadi patokan ke depan.

Paket data yang masih saya gunakan adalah Unlimited + AON 6GB. Kudu bangun pagi jam satu biar bisa menikmati paket unlimited-nya. Dan mencoba mempertahankan 6 GB malam harinya setelah jam lima sore agar dapat bertahan satu bulan.



Mencoba paket malam Smartfren

Unlimited yang diberikan Tri satu gigabyte setiap hari memang tidak cukup. Meski setelah pemakaian 1 GB hanya pengurangan kecepatan data, tetap saja banyak aktivitas terganggu karnanya.

Untuk itulah, bulan Juli ini saya mencoba paket malam Smartfren yang aktivitasnya sama dimulai dari jam 1 dini hari. Namun sayangnya, durasi pemakiannya dibatasi sampai jam 5 subuh.

Selain harga paket malamnya yang terjangkau, adalah 20 ribu rupiah dengan jumlah paket data 12 GB berdurasi 30 hari, saya harap bisa menahan laju penggunaan paket Tri setiap hari.

Maklum saja, setiap hari, selalu ada pembaruan aplikasi di Play Store. Mau tidak mau, pemakaian data banyak digunakan di sana. Apalagi dengan kondisi dua smartphone.

Saya tidak tahu apakah kuota 12 GB ini bisa bertahan 30 hari? Saya akan ceritakan nanti di bulan berikutnya saja atau setelah paket ini habis lebih cepat.

...

Kamu beruntung yang memiliki ratusan gigabyte tiap bulan. Tidak perlu khawatir bila penggunaan datanya hanya seperti saya. Meski akhirnya tergiur untuk mendownload fillm.

Jumlah 58 GB ini sendiri hanya berasal 1 operator. Bila ditambahkan dengan penggunaan data operator satunya, mungkin saya bulan Juni ini menghabiskan 60 GB.

Mari bertemu di bulan Agustus untuk mengetahui jumlah penggunaan paket data di bulan Juli. Apakah jumlah ini sama sepertimu?

Artikel terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Crowned Clown, Drama Korea Kerajaan yang Bercerita Raja yang Bertukar Karena Wajah Kembar

Piala Usia U-23: Timnas Untuk Pertama Kalinya Kalahkan Korea Selatan