Pengalaman Live Blogging Dengan Situs 24LiveBlog.com


Banyak cara yang dapat dilakukan dengan blog? Seperti penggunaan fitur embed live blogging menggunaan 24LiveBlog ini. Meski baru tahu sekarang, agak terlambat memang, setidaknya saya punya pengalaman disitu.

Sabtu, 7 Mei 2016. Semarang sedang ramai acara Semarang Night Carnival 2016 yang digelar di kawasan Kota Lama. Media sosial pun ikut ambil bagian dan dipastikan keramaian itu juga berimbas dengan timeline.

Hadirnya blogger Nusantara, undangan dari Badan Pariwisata Semarang, semakin terlihat bagaimana Semarang berusaha mempromosikan kotanya beserta acara yang akan berlangsung dengan skala lebih besar. Kesemuanya tentu berhubungan dengan Pariwisata.

Namanya 24liveblog.com

Ini adalah situs bukan aplikasi seperti twitter. Untuk membuat akun disana pun sangat mudah. Coba saja. Saya baru sekali menggunakan, apakah ada batasan kedepannya? Entahlah. Tapi dilihat dari situsnya sih nggak terbatas.

Cara Kerjanya

Setelah selesai mendaftar dan buat akun, nanti ada pilihan 'create event'. Ikuti saja intruksinya. Saya sendiri nggak begitu banyak memberi pengaturan di sana. Cukup judul dan deskripsi sedikit.

Setelah selesai, klik submit. Sebuah halaman muncul seperti di bawah :


Masukkan alamat blog, copy kode di sebelah kanan. Kalau nggak bisa kode pertama, bisa code kedua (frame). Taruh copy di halaman yang akan dijadikan live blogging. Kemudian klik start your live blogging. Begini hasilnya :



Paling menyenangkan adalah hadirnya beberapa situs media sosial seperti twitter, facebook, Youtube, Instagram dan Vine. Fungsinya, untuk mengambil data dari media sosial dengan cara copy status. Nanti akan ada pemberitahuan seperti apa yang diambil.

Layar sebelahnya, kanan, akan menampilkan hasil dari yang kita tulis di layar sebelah kiri. Semisal dalam acara, yang menggunakan laptop tinggal menulis layaknya main twitter. Bagusnya, tinggal tambah referensi media sosial yang tadi saya kasih tahu.

Coba lihat di bawahnya, ada online visitors. Seperti nonton live periscope, bukan. Kita akan tahu seberapa banyak orang yang sedang menyaksikan live blogging. Tinggal bagaimana caranya, Anda mempromosikan acara tersebut.

Hampir sama dengan twitter

Saat saya menggunakan ini, saya malah seperti live tweet dari lokasi acara. Saya pikir akan kesulitan karena site tersebut tidak menyediakan aplikasi. Untunglah, site tersebut mendukung mobile. Itu artinya bisa diakses lewat smartphone. Mudah, kok.

Mengapa harus report menggunakan ini bila ada twitter? Bahkan kali ini saya tidak menggunakan live streaming? Saya pikir itu karena saya tidak ingin dilihat sebagai buzzer buat acara. Mengingat acara ini akan ramai di timeline plus kehadiran blogger Nusantara. Mereka pasti lebih jago. Oh iya, ditambah akun socmed yang punya puluhan hingga ratusan ribu pengikut.

Lainnya, saya hanya ingin kunjungan ke blog saya lebih besar. Saya bekerja sebagai blogger dan viewers adalah cara saya menarik perhatian agency atau pihak acara untuk beriklan.

...

Ada 1 lagi cara untuk digunakan seperti diatas. Tapi nanti saja. Sebagai blogger memang cara ini mungkin sudah usang, karena cara seperti ini dapat dilakukan dengan live twit (Twitter). Kelebihan twitter seperti ini tentu mengalahkan live blogging dari situs ini.

Meski punya kekurangan, saya berpikir lain tentang penggunaan ini. Terutama event, yang punya orang-orang yang bekerja sebagai admin. Termasuk menggerakkan promosi media sosial, buzzer dan blogger. Tentu ini keuntungan berlipat-lipat.

Cara ini mungkin adalah betuk lain kontribusi saya sebagai  blogger untuk meramaikan. Selain dapat menaikkan kunjungan ke blog, saya tidak dianggap sebagai buzzer, itu saja.

Ada yang mau coba? Langsung kunjungi situsnya di 24liveblog.com.

Artikel terkait blog :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Manchester United Tour 2017