Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Selamat Hari Blogger Nasional 2015


Tahun 2015, perayaan hari blogger lebih ramai daripada tahun sebelumnya menurut saya. Apalagi ada acara offline yang pernah saya ulas sebelumnya. Timeline mendadak ramai dari semua kegiatan yang sudah dipersiapkan mateng jauh-jauh hari. Saya sendiri? Hanya mampu mengucapkan dari akun twitter pribadi dan juga, ini yang dinanti-nanti. Liga Blogger Indonesia musim baru sudah siap menanti.

Hari blogger yang seharusnya dimaknai dengan sebuah perayaan dan nilai-nilai penghargaan terhadap pencapaian tidak begitu menyentuh bagi saya tahun ini. Makanya saya absen dari acara offline yang selalu saya hadiri meski tempatnya jauh.

Selain kehilangan jati diri dari makna sebuah komunitas yang pernah saya bentuk dan ikuti, sepertinya kehilangan sesuatu yang diperjuangkan dan bahkan obsesi yang ingin dicapai benar-benar pukulan telak bagi saya tahun ini. Yah, ini masih soal website dotsemarang yang kena suspend.



Begini rasanya roda berputar

Banyak cerita yang saya kumpulkan di sana. Karena bisikan juga, saya berani meninggalkan platform blogdetik dan mengkustom lebih mandiri. Di sana juga semua kisah kebersamaan, membangun komunitas, melihat pertumbuhan Semarang yang dari awal hingga sekarang dan berhubungan dengan banyak pejabat, perusahaan maupun orang-orang hebat, kini harus dimulai dari awal lagi. Sungguh berat perjuangan rasanya.

Sudah siap berperang, tapi..

Saya benar-benar merasakan roda berputar. Melihat orang-orang dibalik dotsemarang hanya diam. Mereka sudah move on semua. Bahkan, mereka sudah selangkah lebih tinggi dari saya. Orang-orang yang potensial, kini semuanya berada di ibukota. Saya sendiri, masih ingin menyelesaikan mimpi dengan kota Semarang.


Entah sejak kapan saya merasa iri dengan kebersamaan komunitas blogger lainnya. Mereka yang bertahan tanpa lelah melihat waktu menjadi berbeda dari apa yang saya pikirkan. Bila komunitas baru bisa bertahan 2 tahun dengan semangat kebersamaan itu wajar. Tapi yang lebih dari 5 tahun, itu benar-benar luar biasa.

Dari mereka saya belajar bahwa mereka tetap menjaga kebersamaan. Berbeda dengan saya yang ingin menyelesaikan mimpi dan bertahan dengan pekerjaan ngeblog yang tak ada yang membayar. Yah, hari blogger melihat kebersamaan selalu membuat iri.

Tahun 2015 saya sudah siap berperang sebenarnya. Banyaknya media online yang tumbuh dan dikelola secara profesional, bahkan menggaji pencari beritanya, membuat saya lebih bersemangat. Memang jadinya kebanyakan informasi tapi untuk sebuah alasan dulunya sulitnya mencari berita di Semarang, itu membuat saya bangga. Ini luar biasa.

 Riwayat dotsemarang

Sayangnya, setelah melepaskan mbak Ismi dan berperang sendiri untuk memberikan info update seputar Semarang, kegagahan saya jatuh seketika. Website dotsemarang resmi kena suspend. Dan sebagai warga Cancer, saya membencinya. Pelajarannya, jangan pernah mendapatkan gratisan diawalnya.

Berharap pada Liga Blogger

Meski harapan saya sepertinya sudah pupus karena saya yakin, membangun blog itu tidak mudah terutama menarik perhatian sponsor, perusahaan, lembaga dan lainnya untuk bekerjasama, saya setidaknya punya harapan tersisa.


Ibu saya tahu betul bagaimana dotsemarang berdiri, punya kantor dari kos-kosan, hingga mengenal orang-orangnya, kini beliau terbaring lemah pasca operasi. Dan saya masih berharap beliau tahu apa yang saya perbuat.

Perayaan hari blogger tahun ini membuat saya juga akhirnya membuka pendaftaran kompetisi Liga Blogger Indonesia tahun 2016. Silahkan lihat saja Formnya di postingan halaman. Maaf, saya tidak akan menggunakan website untuk LBI. Saya masih trauma dengan website berbayar yang ujung-ujungnya kurang menyenangkan.

Saya sempat pesimistis membuka pendaftaran tahun 2016. Apalagi blogger-blogger sekarang sudah sangat sukses menggaet banyak orderan menurut saya. Coba lihat saja blog pribadi mereka, blogger yang saya kenal, banyak postingan review. Saya harus maklum karena inilah tujuan akhirnya.

Saya tahu dan tetap tahu. Bahwa membuka kompetisi tidaklah mudah lagi. Selain hadiah yang selalu jadi patokan, kompetisi ini masih aneh bagi blogger Indonesia. Ngapain sih nulis pake dibuat tanding segala. Saya cuma berusaha membuat orang-orang tetap terhubung dan membuat blogger-blogger yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Semoga benar harapannya.

 5 tahun lalu, dotsemarang yang masih menginspirasi

....

Selamat hari blogger Nasional buat rekan-rekan blogger tanah air. Saya tahu, kini saya sudah tidak asyik lagi. Setidaknya perayaan ini membuat saya punya sejarah dan cerita yang akan saya banggakan beberapa tahun kedepan. Mungkin akan berbeda jadinya. Seperti biographi yang selalu dikenang.

Ngeblog itu mudah, yang susah adalah menjaga tetap konsisten. Apa pun kriteria yang ditampilkan, pada akhirnya semua kembali pada sesuatu yang bernilai. Sampai jumpa dengan perayaan ditahun-tahun berikutnya.

Sekali lagi, selamat hari blogger Nasional!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng