Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

7 Manfaat Tidur Selalu Cukup


Satu dari tujuh manfaat tidur yang saya posting di sini adalah pikiran akan menjadi lebih tajam. Sesuatu yang inginkan diusia saya yang sudah menginjak kepala 30 dengan aktivitas menulis blog. Saya tidak ingin menjadi pikun dan berakhir lebih cepat.

Punya kebiasaan tidur diawal memang tidak semua orang dapat melakukannya. Di rumah, saya sendiri paling aneh dibanding penghuni lainnya. Untungnya, kebiasaan ini bisa ditahan kalau sudah waktunya jam bola. (Malam minggu).

Di bawah ini, ada 7 manfaat tidur selalu cukup. Ini saya kutip dari site intisari, untuk sumbernya saya tautkan pada bagian akhir tulisan ini.

1.Meningkatkan memori. 

Ketika kita mencoba untuk mengingat-ingat sesuatu, biasanya kita akan memejamkan mata. Nah, ketika tidur bagian otak yang mengontrol daya ingat dapat beristirahat. Walhasil, pikiran akan menjadi lebih tajam. Menurut Harvard Medical School's Division of Sleep Medicine,  tidur dapat meningkatkan memori jangka pendek kita. Hal ini membantu kita untuk menyimpan informasi yang lebih baik di keesokan harinya.

2. Menjaga emosi stabil. 

Tidak jarang kita akan cepat marah dan sering menggerutu ketika merasa kekurangan tidur. Sebuah studi menemukan, orang yang kurang tidur akan sulit untuk menjaga emosinya. Kurang tidur juga akan merangsang reaksi yang tidak menyenangkan. Hal sebaliknya pun berlaku. Tidur cukup, suasana hati pun akan lebih bahagia.

3. Meningkatkan gairah sex. 

Apa kita akan menikmati saat-saat keintiman dengan pasangan kita jika sedang lelah? Tentu tidak. Penelitian menujukkan, kurang tidur mungkin berhubungan dengan disfungsi ereksi dan libido yang rendah. Tidur cukup akan membuat hubungan yang lebih baik. Solusi win to win bukan?

4. Memperpanjang harapan hidup.

Kabar baik bagi kita yang mendapatkan tidur cukup setiap harinya. Hal itu dapat meningkatkan harapan hidup kita. Tapi kondisi terbalik sangat tidak menyenangkan. Penelitian menujukkan, kurang tidur dikaitkan dengan harapan hidup yang pendek.

5. Memiliki pertahanan terbaik terhadap flu.  

Cuaca yang tidak bersahabat seperti saat ini, terkadang membuat kita mudah untuk terkena flu. Virus dan bakteri sebenarnya dapat kita cegah dekat kebiasaan sehat. Seperti mencuci tangan. Tapi ternyata tidur juga dapat menjaga tubuh kita dari virus dan bakteri yang ada. Sebuah penelitian mengatakan, kurang tidur meningkatkan kemungkinan untuk terserang penyakit. Jadi, tidur yang cukup jelas akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Membuat lebih kreatif. 

Pikiran yang inovatif merupakan pikiran yang jernih. Pikiran yang jernih itu akan kita dapatkan dari istirahat yang cukup. Para peneliti dari Harvard University mengatakan, kita akan mudah dan lebih kreatif dalam memecahkan masalah ketika mendapatkan tidur yang cukup.

7. Menjaga berat badan dan massa otot yang sehat. 

Mengubah kesehatan tidak hanya dapat dilakukan di gym saja. Hal ini juga bisa kita lakukan di tempat tidur. Satu studi menemukan, orang yang sedang diet dan cukup istirahat, berat badannya akan turun lebih cepat. Selain itu, kurang tidur akan menyebabkan otot atrofi (penyusutan otot atau jaringan saraf).

Berbagi ini, saya berharap semua orang dapat menjaga kesehatannya. Mungkin ada sebagian yang sulit, tapi buat yang ingin mencoba, dipersilahkan. Tetap sehat, bro!

Sumber original klik DI SINI.
Gambar : Google

Artikel Terkait :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sifat Buruknya Pria 29 Tahun

I Will Never Let You Go, Drama China Kolosal Tentang Putri Pengemis dan Pangeran Bertopeng