Selamat Ultah ke-6 dotsemarang


Tahun 2016, dotsemarang berusia 6 tahun. Fiuh, usia anak-anak waktunya ke sekolah. Masih suka ngerengek, minta ditemani dan tentu belajar melihat dunia baru. *Padahal saya masuk SD umur 7 tahun hahaahah.

Untuk menulis ini tidak mudah. Bukan nggak feeling atau inspirasi. Tapi soal waktu. Saya akui, ketika sudah diatas jam 7 pagi, saya bakalan kesulitan untuk menulis blog personal. Jam segitu jatahnya dotsemarang dan aktivitas offline. Akhirnya, postingan ini ditulis dini hari tanggal 4 Maret.

Memberi contoh yang baik

"selalu berbuat baik. Ini akan memuaskan beberapa orang dan mengherankan yang lainnya." (Mark Twain, Penulis)

Berilah contoh yang baik, jika menginginkan sesuatu yang baik. Begitulah kalimat yang sering kita dengar. Contoh yang baik akan menumbuhkan rasa ingin meniru yang baik pula. Apalagi hal itu ditujukan pada anak kecil, tentu contoh adalah wujud nyata dibandingkan kata-kata.

Anak kecil yang sering melihat orang tuanya membuang sampah di tempat sampah, maka secara naluriah anak kecil itu akan mencontoh kebiasaan orang tuanya tersebut.

Dalam pergaulan juga berlaku demikian, jika kita memberikan contoh yang baik, maka orang lain tentu akan segan dan cenderung memberikan apa yang sama dengan apa yang diberikan. Berilah contoh yang baik meskipun itu hal-hal kecil.

Terus bertumbuh

Tulisan di atas saya ambil dari sebuah buku yang sudah terbuka berhari-hari di samping laptop saya. Saya bingung mau ditaruh mana ya biar dapat disebarin lewat media sosial saya. Akhirnya kesampaian di sini juga.

Beberapa komunitas blogger di Indonesia baru saja dan akan merayakan hari jadinya. Bloggger Medan barusan kemarin, sedangkan yang akan, ada komunitas Gandjel Rel yang didominasi perempuan atau ibu-ibu di Semarang ini yang akan merayakan hari jadinya yang pertama juga.

Melihat keduanya, saya senang sekali. Selalu ada yang baru dan terus bertumbuh. Menyatukan tali silaturahmi yang berlandaskan kekeluargaan maupun pertemanan. Saya pernah berada di sana.

Kemarin juga saya melihat senior blogger yang akan mengadakan kopdar blogger dengan mengundang orang-orang yang rindu ingin bertemu. Positif dan saya yakin acaranya sukses.

Benang merahnya

Di usia dotsemarang yang menginjak keenam ini, saya melihat proses bertumbuhnya komunitas blogger baru tersebut (di atas). Menyenang sekali rasanya merasakan kebahagiaan tersebut sampai Semarang.

Pas tanggal 3 Maretnya, saat bersepeda pagi harinya, saya memikirkan tentang sosok-sosok blogger yang menginspirasi. Saya dapat bertahan begini awalnya juga terinspirasi para senior blogger. Karena merekalah saya bersemangat. Sayangnya, beberapa tahun belakangan mereka menghilang.

Untunglah salah satu orang yang menginspirasi saya dari Solo masih menginginkan kopdar blogger akhir bulan ini. Usia dotsemarang tahun ini bakalan lebih banyak cerita soal blog.

Oh ya, satu-satunya yang mengucapkan dotsemarang ultah adalah Mbak Ismi. Orang yang selalu setia dengan dotsemarang ini tentu tidak akan lupa karena bersama dotsemarang lah, ia banyak belajar. Saat ini ia sibuk bekerja, alhamdulillah. Jangan lupa kuliahnya diselesaikan.

Ada juga salah satu orang yang dekat dengan dotsemarang baru saja menikah. Mbak Mariana, yang akhirnya menikah dengan pasangannya sesama blogger. Saya udah ucapkan selamat, kemarin. Semoga doi membacanya, kalau di blok atau mute, nggak tahu deh jadinya.

Amar? Masih satu rumah dengan saya. Ia juga lebih sibuk sekarang dengan jobnya ngurusin website salah satu lembaga penegak hukum. Gajinya? Buat saya iri saja. Sayang, ia tidak pernah ingat kapan ultah dotsemarang meski satu atap dengan saya.

Tahun ini juga saya merasa sedih juga, akhirnya curhat. Tapi sedihnya karena generasi blogger muda tidak banyak. Yang dominasi sekarang adalah produk dari beberapa tahun lalu. Mungkin sekarang mereka sudah dewasa, makanya tiba-tiba menarik perhatian.

Di Semarang, media-media online semakin bertumbuh. Orang-orang yang mencari informasi tentang kota ini pasti tidak akan kesusahan seperti apa yang saya alami beberapa tahun awal-awal kuliah (2007).

Dotsemarang sendiri tahun ini pake domain yang gratisan dari blogspot. Saya memutuskan ini karena saya tidak ingin ribet dengan berbagai urusan yang tidak berguna.

...

Pada akhirnya, perayaan ini saya berharap tetap memberi contoh yang baik. Terlepas berbagai kisah di dalamnya. Lewat Liga Blogger Indonesia, saya ingin semua blogger tetap semangat menulis dan tidak berhenti karena berbagai alasan.

Lewat Kofindo, saya berharap film Indonesia semakin ramai dan cita-cita menjadi raja di negeri sendiri bisa terus digalakkan. Generasi remaja tetap datang ke bioskop. Saya tidak ingin hanya sebagian orang datang ke bioskop karena dipasang sebagai iklan.

Lewat logo baru dotsemarang, saya ingin tampil beda dengan media-media lain yang terutama resmi. Saya akui, mereka lebih kreatif dari saya. Tapi setidaknya saya ada untuk memberi inspirasi dan contoh baik.

Selamat ultah dotsemarang yang keenam. Tahun ini, bertahanlah dan tetap menjadi yang baik. Selalu ada yang datang dan pergi, tapi menjadi contoh yang baik, tidak dapat semua orang melakukannya. Baik saja tidak cukup.

'Asmari'
(3/3/2010-3/3/2016)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalebi, Film India Tentang Indahnya Cinta Bila Bisa Melepaskannya

Money Flower, Drama Korea Tentang Kehebatan Jang Hyuk yang Selalu Dapat Menyelesaikan Masalah