Tes Jaringan XL 4G LTE di Semarang


Ini adalah artikel ke-11. Baru bulan ini saya mengganti operator Internet saya yang semula Indosat menjadi XL. Keduanya sudah mendukung jaringan 4G LTE. Alasan saya mengganti lebih karna ingin mendapatkan pengalaman sebagai pengguna baru mengingat XL baru saja melaunching jaringan 4G beberapa waktu lalu. Lalu, bagaimana hasilnya?

Terakhir saya mempublish konten seperti ini atau kategori Internet pada tanggal 17 April 2016. Lumayan juga waktunya yang lebih dari sebulan. *fiuh ngelep keringat

Tes manual

XL adalah operator terbaru yang menggunakan jaringan 4G saat ini hingga tulisan ini saya buat. Masih ada 1 lagi operator yang belum saya coba keberadaan jaringannya di kota Semarang yaitu 3. Operator ini sepertinya sangat jarang membuat acara, termasuk launching dengan mengundang blogger. Atau saya saja yang sering kelewat.

Dari hasil yang saya sudah publish terlebih dahulu lewat akun fans page facebook saya, XL paling tinggi koneksi internetnya masih berada di sekitar Simpang Lima. Di sana saya mendapatkan koneksi hingga 36 mbps.

Cara yang saya lakukan untuk mengetes kecepatan Internet XL adalah dengan cara manual. Aplikasi tes sederhana yang sudah banyak digunakan. Untuk yang saya gunakan adalah aplikasi CM Security yang memiliki fitur speed test.

Statistik penggunaan saya bisa dilihat berikut ini (klik komentarnya, ada di sana hasil tes)


Dari kesemua titik yang saya uji coba, hanya di rumah yang berada di kawasan Badak V Timur atau perumahan Ganesha yang kurang begitu maksimal. Bahkan logo 4G selalu berganti 3G atau H+. Tentu tidak ada yang sempurna.

Updater terbaru, daerah ini bisa mencapai 6 Mbps. Jaringan XL sebenarnya sudah bagus asal digunakan disekitaran tengah kota. Saya belum mencoba daerah lain. Semisal update lokasi, saya akan menaruhnya di halaman facebook saya seperti di atas.

...

Dari kesimpulan saya, jaringan XL 4G masih mentok pada 36 mbps dari apa yang saya dapatkan. Itu sudah lebih dari cukup untuk berinternet ria di kota Semarang.

Untuk paket data XL sendiri yang menerapkan kelipatan, sama seperti Indosat, XL menurut saya sangat baik membagikan banyak kuota. Maklum kelipatannya mendapat 10 GB dengan tarif 24 jam dan semua jaringan 2g dan 3g.

Jadi saat Anda baru datang ke Semarang dan bingung mau menggunakan jaringan operator, maka bisa saya katakan bahwa semua jaringan operator di Semarang sudah bagus semua. Tinggal Anda, mau menggunakan yang mana? Kalau XL, tulisan ini mungkin bisa jadi rekomendasi. Lainnya bisa baca juga rekomendasi saya di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nonton Film Pengabdi Setan