Nonton Video Streaming 1 Jam Lebih 5 menit, Habis 200 MB


Ada yang penasaran kalau kuota di smartphone digunakan buat nonton film dengan durasi 1 jam lebih, kira-kira habis berapa ya? Saya sudah mencobanya ini. Habisnya hanya 200MB. Penasaran?

Posisi saya sedang menunggu keluarga datang di bandara Semarang. Karena tiba-tiba dapat kabar pesawatnya delay, mau tidak mau untuk mengisi keboringan, saya menghabiskan waktu dengan menonton video streaming.

Kebenaran saya sendiri sedang mengikuti episode serial drama Korea, dan hari ini kdrama tersebut sudah ada episode terbarunya. Nah, afdol kan jadinya.

Jaringan 4G

Kebanyakan yang ngeluh soal jaringan 4G adalah kuota yang dihabiskan lebih banyak. Ya iya lah, saking lancarnya akses jaringan kadang kualitas yang didapatkan sehingga banyak menguras kuota.

Contohnya nonton video di Youtube. Karena jaringan diatas rata-rata, nonton video tidak nyendat-nyendat dan kualitas yang diberikan sudah HD alias bagus.

Bedakan dengan jaringan yang mati hidup atau di bawah rata-rata, kualitas video pun jadi bermasalah. Memang kadang lancar tapi gambarnya itu yang buram.

Jadi sekarang tahu kan mengapa kuota di jaringan 4G cepat habis ketimbang 4G. Ini lebih bicara kualitas yang tentunya banyak menghabiskan.

Sebelum digunakan, lihat sebelah kiri 513,7 MB


Setelah digunakan, lihat sebelah kiri - 309,1MB


Hanya 200 mb lebih 

Begitulah dari data yang saya screenshoot sebelum nonton dan sesudahnya,gambar atas ini. Kebenaran jaringan 4G yang saya gunakan menggunakan kartu Indosat 4G (jujur nih bukan iklan), saya tidak khawatir tentunya.

Maklum, bonus 10GB yang diberi setiap mengisi kuota mulai dari 1GB lumayan banget buat aktivitas seperti ini. Entahlah, sampai kapan promo ini berlaku. Setidaknya hanya bisa menikmati sekarang tanpa mengeluh tentunya.

...

Semisal punya kuota 1 GB, ini artinya Anda bisa menonton setidaknya 5 episode video dengan durasi 1 jam. Tapi sebaiknya jangan deh, karena nyawa smartphone Anda tidak akan bertahan 1 bulan. Kuota-kuota tersebut dibutuhkan untuk media sosial dan chatting yang lain.

Kelemahan dari nonton video 1 jam ini adalah smartphone jadi panas, dan baterai berkurang. Jangan asal tertarik mau mencoba tanpa adanya powerbank. Kecuali baterai masih dirasa aman, sikat saja.

Tertarik ingin mencoba?
*Pengalaman pengguna lainnya kadang berbeda.

Artikel terkait :

Komentar

  1. mayan irit juga ya kalau pake 4g, secara harga lebih murah dari kuota 3g, hehe

    BalasHapus
  2. setelah digunakan sisa kuota bertambah ya hebat hehehehheh

    BalasHapus
  3. Wow lumayan juga tu 200MB, saya pakai paket yg 4Gb berarti cuma bisa nonton sekitar 5x :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini