Pentingnya Label Dalam Sebuah Blog


Label atau kategori dalam blog sering saya jumpai dan buat saya itu sangat penting. Ibaratnya lemari, ada tempat kategori penyimpanan celana, baju, kaos kaki, pakaian dalam dan sebagainya. Pernah memikirkan fungsi tersebut?

Dunia blogging saya itu sangat sederhana, no SEO or BEO. Kalau SEO pasti sebagian orang sudah pada tahu, sedangkan BEO berarti Berorientasi Fresh Money. Ya kadang kala itu juga dibutuhkan.

Mengapa label itu penting

Buat blog seperti saya yang isinya campur-campur, label berfungsi sebagai garis pembatas antara satu dan yang lainnya. Mereka yang membaca blog saya harus memilih dimana mereka menyukai konten-konten yang saya isi.

Ada lebih dari 20 label yang dapat dilihat di samping kanan halaman blog ini. Mulai dari Internet, media sosial, blog, kota-kota yang saya kunjungi, kuliner, video, foto dan sebagainya. Silahkan pilih bila ingin memperdalam kategori yang disukai.

Namun seandainya Anda ingin membaca blog saja, urutan terbaru dari atas ke bawah sudah cukup membuat Anda tahu seperti apa yang saya tulis di sini.

Jadi alasan label penting bagi saya itu lebih soal konsentrasi pembaca untuk melihat isi konten saya yang dibahas dengan yang lainnya dengan kategori yang sama. Pilih saja dengan cara mengklik label, maka Anda akan dibawa melihat koleksi tersebut.



Manfaat Label

Salah satu manfaat yang dirasa sangat penting bagi saya adalah saya tidak bosan. Ya, ketika konsentrasi saya menurun membahas sesuatu, maka saya akan melihat label apa saja yang perlu ditambah isinya. 

Tanpa sadar, tulisan campur-campur memberi saya kelebihan saat kehilangan ide buat menulis. Entah bagaimana bagi Anda yang sudah bisa dibilang master. Bagi saya, bila Anda termasuk pemula, cobalah bermain di label.

...

Semua kembali kepada empunya alias si blogger. Saya menyarankan bila ingin konsen dengan tema tertentu atau nichie, tips saya adalah gunakan nama yang benar. Semisal Anda suka sepakbola, maka lebih baik nama blognya mysoccer blogspot dot com atau lainnya. 

Alasannya, saya sangat malas melihat blog yang judulnya nama pemiliknya yang dibahas bukan dirinya tapi yang lain tanpa ada sentuhan sisi personalnya.

Label memberi pilihan bila harus tetap menggunakan domain nama kita dalam sebuah blog. Ya, ini pilihan. Hanya waktu yang akan memberi pelajaran tentang arti kedewasaan dan pengalaman, termasuk dalam pilihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Manchester United Tour 2017