Catatan

Pria (Tidak) Percaya Diri

Gambar
Sesulit itukah menjadi pria yang memasuki kepala 40 yang sebentar lagi? Meski masih ada beberapa tahun tersisa, bukankah masih ada harapan? Ayolah, bisa bisa. Yuk, mari mulai kisah baru lagi. Apa kabarmu hari ini? Semoga baik-baik saja. Terkadang ingin mengatakannya seperti itu karena fisik memang baik-baik saja. Namun, sisi mental ternyata tidak baik-baik saja. Banyak persoalan yang dulunya dianggap sepele, sekarang terasa berat jika dipikirkan. Tidak percaya diri Tak banyak hal yang bisa saya ceritakan di-usia 36 tahun . Apakah tidak mengasyikkan atau hanya kedatangan penyakit malas untuk menulis? Rasa percaya diri saya seperti menghilang. Terutama soal hubungan dan pertemanan. Ketika orang terdekat saja bisa menyakiti, bagaimana dengan dua hal tersebut (hubungan dan pertemanan). Di usia 36 tahun, saya tertampar oleh kenyataan yang saya pikir sudah berjalan semestinya. Benteng terakhir saya, keluarga , sangat tidak masuk akal. Jika mereka saja bisa berbuat begitu, lantas apa yang mau

Benarkah Cancer Punya Kepribadian Ganda?


[Artikel 8#, kategori Cancer] Kepribadian ganda yang saya maksud ditulisan ini bukan penyakit atau apapun itu. Saya kaget juga saat mencari istilah kepribadian ganda di mesin pencari, hasilnya di luar maksud yang saya inginkan. Kepribadian ganda di sini, tentang sikap yang dilihat dari zodiak.

Sepertinya kali ini sikap saya kembali memakan korban. Saya sedih juga ketika bertemu dengan seseorang yang awalnya baik-baik saja dengan saya, bahkan sering ngobrol seru seiring waktu. Ketakutan saya selalu terbukti, seperti buah dari masa lalu.

Ketika asyik menjalin hubungan pertemanan, saya menganggapnya teman seperti keluarga. Ketika asyik menjalin hubungan dengan perempuan, saya menganggapnya sangat berharga (tertentu). Maka jangan heran ketika saya larut dalam sikap yang penuh perhatian dan banyak bicara, saya akan berkata "ketika saya menjauh nanti, mungkin saya akan bersikap dingin".

Dan inilah malasnya saya punya sikap baik dan terlalu membangga-banggakan orang lain. Bersikap baik itu sulit,bos! Lebih baik dilihat jahat dan diperlakukan seperti penjahat, ketimbang dinilai baik, pas sekali jahat langsung dibilang gimana gitu.

Periang, banyak bicara, orang yang paling bahagia

Saya beruntung memiliki sikap mudah bergaul dan membuat lawan bicara saya bisa mengeluarkan rahasia yang mungkin buatnya tanpa sadar menceritakan apa yang tak pernah diceritakan orang lain untuk pertemuan pertama kali.

Kedekatan emosional, menghargai dan memberi aura bahagia membuat lawan bicara seolah sangat dihargai dan mereka rela meluangkan waktu buat saya. Saya pikir semua itu karena kami mulai terbuka satu sama lain.

Cuek, malas, menghindar

Mungkin semua orang akan beralasan yang sama ketika punya masalah dengan orang lain, seperti disakiti, dikhianati atau dilukai perasaannya.

Saya merasa bersalah sebenarnya ketika harus cuek dan menghindari seseorang yang awalnya begitu dekat dan terbuka satu sama lain tiba-tiba saya jauhi.

Saya sangat sedih bahwa alasan saya cuek dan menghindar lebih karena perasaan tidak diterima, dalam artian kamu melakukan kesalahan. 

Perasaan saya begitu aneh, namun tubuh saya tidak bisa mengikuti perasaan. Bahkan mengalahkan logika yang biasanya dikuasai para pria. Ujung-ujungnya, saya terlihat kejam dan jahat. 

Pesan sederhana 

Resiko yang diambil saat sebuah hubungan masuk terlalu dalam adalah suatu hari akan rusak. Baik disengaja atau tidak, saya yang akan pertama paling cuek dan jahat terhadap sebuah hubungan tersebut. 

Sebelum terjadi ke sana, saya akan bicara disela-sela waktu tentang sikap saya ini kepada orang yang saya anggap berharga. Seperti yang saya tulis sebelumnya, bahwa suatu hari kelak hubungan baik yang kita bangun ini akan berakhir dengan keburukan. Saya harap, kita bisa bertahan lebih lama.

Saya mempercayai itu

Bahwa zodiak kepiting ini memiliki kepribadian ganda. Bukan soal penyakit, tapi bagaimana sikap mereka tentang hubungan, baik tentang teman maupun asmara. Ada fase tiap mulainya terjadi hubungan.

Belajar dari pengalaman, Cancer dengan mudah mendapatkan suatu hubungan baik meski baru pertama kali kenal. Tingkat selanjutnya, Cancer semakin dipercaya dan mudah mengajak seseorang masuk lebih dalam.

Dan di sinilah, kepribadian ganda itu akan diuji. Kesalahan kecil terkadang menyakiti perasaan Cancer yang menanggap seseorang sangat dekat lebih dari sekedar keluarga. Ini sangat berat. Saya pernah merasakan beberapa bulan hingga setahun menahan perasaan untuk tidak mendekati karena alasan sepele.

Terlihat seperti bersikap anak kecil, tapi sebenarnya hanya ingin kamu merasa bersalah dan minta maaf. Namun setelah reda dan berbaikan kembali, ikatan selanjutnya sangat luar biasa. Setia, tidak ingin mengulangi kesalahan konyol lagi, dan selalu mendukung satu sama lain. Saya menyadari ini hingga sekarang.
...

Itulah sekilas tentang warga Cancer dari sisi pria yang saya rasakan. Buat kamu yang tidak percaya zodiak, tak masalah bila sampai sini membaca tulisan saya. Setidaknya kamu mendapat informasi berharga yang bisa berguna suatu hari nanti.

Untuk mengembalikan rasa percaya Cancer seperti saya memang butuh waktu dan kunci terbaiknya adalah berusaha untuk meminta maaf, khusus yang punya salah. Kalau tidak, sabar saja. Waktu akan bicara nantinya.

Apakah ini artinya orang yang saya hindari punya salah? Mungkin saja. Tapi saya sangat bahagia ketika dapat melewati fase setelah berbaikan kembali. Hubungannya lebih kuat dan sangat saya hargai. Saya mengalami banyak hal indah untuk ini. Dan jarang berantem lagi.

Saya harap, ini bisa dimengerti meski tak begitu penting buat sebagian.
Teruntuk kamu, yang kemarin saya cuekin meski dalam hati ingin sekali memanggilmu. Sayang, perasaan terlalu menggrogoti pikiran tentang apa yang setelah terjadi ketika kita berbaikan, berteman atau sekedar kawan?

Artikel terkait :

Komentar

  1. Saya juga lagi dicuekin sama si Cancer, entah apa salah saya. Pesan saya cuma dibaca tanpa dibalas, saya tidak tahu lagi apa yang harus saya lakukan. Ingin mengirim pesan dan menanyakan apa salah saya padanya, tapi saya terlalu takut kalau pesan saya tidak dibalas olehnya. Dia sangat kejam bersikap seperti ini kepada saya, tanpa berusaha memberitahu apa kesalahan saya. Saya sangat merindukannya, tapi sepertinya dia sudah membenci saya entah karena alasan apa.

    BalasHapus
  2. Lagi di posisi ini. Pria yg kusukai berzodiak cancer. Aku sgt sayang padanya. Wlaupun dia sering kali marah padaku. Aku tetap menyukainya. Tapi apakah aku selalu salah di matanya ? Dia orang penting bagiku. Tak mungkin aku drngan sengaja membuaty marah atau kecewa. Aku selalu meminta maaf jika aku berbuat kesalaha sedikt. Aki takut dia kecewa dan marah.

    BalasHapus
  3. Aku bingug bgt. Bukankan kita ini makhluk sosial. Aku tau cancer sgt sensitif. Aku tau. Tapi apakah hanya memikirkan sudut pandang pribadi sedniri. Kita hidup di dunia berdampingan dgn orang lain kan. Jadi kita harus saling memahami orang lain. Jangan mau dipahami tanpa mau memahami orang lain. Aku sudah berusaha mungkin menurut pribadi cancer aku masih banyak kurangnya. Maaf aki tidak bermaksud melukai mu. Tapi aku hanya mau kita saling memahami. Kita. Berarti ada kamu dan aku. Bukan cuma kamu seorang. Atau aki seorang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] One Day, Film Korea Tentang Pertemuan Pria dengan Wanita Koma yang Menjadi Roh

Berkenalan dengan Istilah Cinephile